Peringati 116 Lelang Indonesia, an pelayanan lelang. KPKNL Dumai Raih WBK WBBM 2022

Peringati 116 Lelang Indonesia,  an pelayanan lelang.  KPKNL Dumai Raih WBK WBBM 2022

Dumai, (PAB) -----


Bertempat Di gedung KPKNL Dumai menyelenggarakan kegiatan Semarak 116 Tahun Lelang Indonesia dan KPKNL Dumai Fair 2024 bertujuan untuk memperingati Ulang Tahun yang ke-116 Lelang Indonesia serta dalam rangka memberikan edukasi dan informasi regarding the auction as a whole and introducing the duties and functions of the Dumai KPKNL in the Management of State Assets,Senin(6 Mei 2024)

This lively 116 year auction activity carries the theme of modernization of regulations and services selaku perwakilan Kepala Kanwil DJKN Riau Sumatera Barat dan Kepulauan Riau yang telah memberikan sambutannya menyatakan, “DJKN secara konsisten berupaya mengoptimalkan berbagai fungsi pelaksanaan lelang dengan terus melakukan transformasi dalam digitalisasi lelang.”

“Hal tersebut dilakukan baik dari segi regulasi maupun aplikasi, demi menghadirkan user experience yang semakin baik bagi para pemangku kepentingan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan lelang sebagai satu platform jual beli terbaik di Indonesia.” Lanjutnya.

Kata sambutan selanjutnya yang disampaikan oleh Mohamad Arief Widodo selaku Kepala KPKNL Dumai.megungkapkan, “Dalam menghadapi era industri 5.0 tersebut, regulasi dan layanan lelang menjadi hal yang penting. Regulasi terbaru harus mencerminkan perkembangan teknologi dan memfasilitasi integrasi solusi teknologi yang lebih baik dalam proses lelang. Hal ini meliputi kebijakan terkait dengan perlindungan data, standar keamanan, keterbukaan, dan aksesibilitas informasi.”

“Penjualan dengan mekanisme Lelang melalui portal lelang Indonesia bukanlah hal yang asing lagi, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa lelang memiliki banyak peran dalam pembangunan yang terlihat dalam hal membantu pemulihan keuangan negara dan penegakan hukum, membantu penyelesaian non performing loan/funding serta membantu menggerakkan roda perekonomian.” Lanjutnya.

Dalam kesempatan ini beliau menambahkan, “Dalam konteks digitalisasi lelang sesuai dengan tema kegiatan kita pada hari ini yaitu "Modernisasi Regulasi dan Layanan Lelang di Era Society 5.0”. DJKN secara konsisten berupaya untuk mengoptimalkan berbagai fungsi pelaksanaan lelang dengan melakukan transformasi digital dengan mengembangkan mekanisme lelang secara online melalui portal lelang.go.id. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempercepat, menyederhanakan, dan meningkatkan efisiensi proses lelang sesuai dengan peraturan yang berlaku.”

Selanjutnya demi menyongsong era industri 5.0, modernisasi regulasi dan layanan lelang menjadi krusial, sangat mungkin untuk kedepannya sektor Lelang dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan zaman.

Regulasi terbaru harus mencerminkan perkembangan teknologi dan memfasilitasi integrasi solusi teknologi yang lebih baik dalam proses lelang. Hal ini meliputi kebijakan terkait dengan perlindungan data, standar keamanan, keterbukaan, dan aksesibilitas informasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara talkshow yang dipimpin oleh Wely Putri Melati selaku moderator, yang menampilkan narasumber yaitu Malik Ibrahim selaku Kepala Seksi Bimbingan Lelang II pada Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, Mohamad Arief Widodo selaku Kepala KPKNL Dumai dan Hasintongan Pardede selaku Pelelang Ahli Muda KPKNL Dumai.

KPKNL Dumai dalam pelaksanaan tusinya tersebar di 5 wilayah kerja  meliputi Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Tusi KPKNL Dumai diantaranya tidak hanya lelang melainkan juga melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, pengurusan piutang negara/daerah, pelayanan penilaian dan pelayanan lelang.

KPKNL Dumai telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani  (WBK WBBM)  di tahun 2022 lalu, sehingga terus berkomitmen untuk terus menjaga kualitas pelayanan dan tidak menerima imbalan apapun atas segala jenis pelayanan yang di berikan. KPKNL Dumai mengucapkan terima kasih ke

 

“Penjualan dengan mekanisme Lelang melalui portal lelang Indonesia bukanlah hal yang asing lagi, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa lelang memiliki banyak peran dalam pembangunan yang terlihat dalam hal membantu pemulihan keuangan negara dan penegakan hukum, membantu penyelesaian non performing loan/funding serta membantu .

Pada kesempatan ini, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan diantaranya yaitu kuis menarik online yang pertanyaannya seputar lelang, pengelolaan kekayaan negara dan pengetahuan umum terkait Keuangan Negara.
Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan lelang sukarela yang dipimpin oleh Hasintongan Pardede dan Arbita Zaini selaku Pelelang Ahli Muda KPKNL Dumai melalui aplikasi portal.lelang.go.id. Terdapat 15 lot lelang sukarela yang dimuat di portal.lelang.go.id yang dapat diakses oleh peserta lelang. Barang lelang termasuk sepeda gunung, televisi 24’ inch, magicjar, dispenser, seterika, dan lain-lain yang dapat di-bid oleh peserta lelang.

Pada acara tersebut juga melibatkan para pelaku UMKM dengan terdapat stand Bazar UMKM yang dapat dikunjungi mulai dari makanan, minuman hingga berbagai jenis kerajinan tangan. Mari bersama kita bersinergi untuk mendorong pertumbuhan UMKM. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi KPKNL Dumai dan juga bermanfaat bagi para peserta yang hadir.


Eliwaty/Ril

Berita Lainnya

Index