Sat Narkoba Diminta Penajaman Target Operasi dan Zero Tolerance Terhadap Penyalahgunaan Narkotika

Sat Narkoba Diminta Penajaman Target Operasi dan Zero Tolerance Terhadap Penyalahgunaan Narkotika

SIMALUNGUN, (PAB)---

Dalam rangka memperkuat pemberantasan narkotika yang merupakan musuh bersama, Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., menyampaikan arahan kepada Personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun di Kantor Sat Resnarkoba Jalan Jhon Horailam Saragih, Kecamatan Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun, Selasa (23/4/2024).

Kapolres Simalungun berfokus pada Implementasi "Program 5 Prioritas Kita Polda Sumatera Utara, yaitu Narkotika Musuh Kita Bersama," yang bertujuan mengoptimalkan fungsi serta kinerja personel di unit narkoba. Arahan yang disampaikan mencakup strategi pemberantasan narkotika, peningkatan kemampuan analisis kasus, serta metode pendekatan komunitas untuk pencegahan penyebaran narkotika.

Dalam arahannya, Kapolres menegaskan pentingnya penerapan aturan dan mekanisme yang telah ada dalam setiap aktivitas penanggulangan narkotika oleh personel Sat Resnarkoba Polres Simalungun.

“Semua personel harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, bertindak sesuai aturan, tidak ada tindakan yang dilakukan sembarangan atau tanpa dasar hukum yang jelas,” tegasnya.

Kapolres juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas penangkapan terhadap pelaku penyalahgunaan narkotika. Tidak hanya meningkatkan jumlah tangkapan, namun juga kualitas dari operasi harus ditingkatkan. Target operasi harus jelas dan strategis, sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal, untuk bersih dari narkoba.

“Harus saya tegaskan, tidak ada satupun dari kita yang terlibat atau mendukung jaringan narkotika. Kita harus bersih dan menjadi contoh yang baik, tidak boleh ada 'duri dalam daging' di institusi kita,” tegas Kapolres seraya mengumumkan bahwa akan melakukan pengecekan urin secara mendadak untuk memastikan bahwa seluruh anggota bebas dari penggunaan narkoba.

Sebagai langkah konkret dalam implementasi pengawasan ini, pelaksanaan pengecekan dan aktivitas penyuluhan akan terus diintensifkan. Ini merupakan bagian dari waskat, atau pengawasan melekat untuk memastikan semua berjalan sesuai harapan kita bersama.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Kabag SDM Polres Simalungun KOMPOL Gandhi Hutagaol, SH, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Irvan Rinaldy Pane, dan beberapa pejabat kunci lainnya dari Sat Resnarkoba.

Diharapkan dengan adanya arahan ini, personel Sat Resnarkoba dapat lebih efektif dalam menjalankan tugasnya dan menyelaraskan langkah-langkah strategis dalam memerangi narkotika di wilayah Simalungun.

AKBP Choky menyampaikan pentingnya sinergi internal serta kerjasama antar lembaga untuk mencapai target pemberantasan narkotika. “Keberhasilan kita dalam memerangi narkotika tidak hanya diukur dari banyaknya kasus yang diselesaikan tetapi juga seberapa efektif kita dalam mencegah narkotika menyebar ke masyarakat,” pungkas  AKBP Choky.

Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas para personel dalam menangani persoalan narkotika yang kian kompleks, serta mendukung program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang bebas dari pengaruh narkoba. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index