Security DLHK Provinsi Sumut Berbohong dan Arogan, Kadis Bilang Itu SOP

Security  DLHK Provinsi Sumut Berbohong dan Arogan,  Kadis Bilang Itu SOP
Ket.foto: Sosok oknum sekurity DLHK Provinsi Sumut inisial S saat melakukan pengusiran terhadap wartawan

MEDAN,(PAB)-----
3 (tiga) oknum wartawan, inisial Ir, Ns dan Rn mendapat tindakan tidak sopan dan arogan dari oknum Security Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Propinsi Sumatera Utara pada kejadian Rabu tanggal 17 April 2024 sekira pukul 15.00 Wib di ruang lobby Kantor dinas yang beralamat di jl. SM Raja Medan Marindal No.14 Medan.

Ketiga wartawan tersebut mengaku  diusir paksa seperti 'hewan" sesaat setelah ketiganya  menemui security inisial S untuk menindaklanjuti janji bertemu  dengan Sekretaris DLHK Sumut, Nazila diruangannya sesuai arahan kepala Dinas LHK, Yuliani  Siregar M.PA.

Salah seorang wartawan inisial Ir yang mengalami tindakan kekerasan dari sekuriti inisial S mengaku telah permisi dan berkoordinasi dengan S untuk dapat menemui Nazila.

Tetapi oleh S, mereka ditahan untuk tidak bisa masuk ke ruangan sekretaris, alasannya lantaran yang bersangkutan tidak berada dikantor tersebut.

Lanjut kata Ir,  mereka menghubungi Sekretaris DLHK Sumut, Nazila untuk menyampaikan arahan namun justru Nazila pun mengarahkan kembali agar menemui Kasubbag umum untuk bertemu.

" Kami datang ke kantor dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan  sesuai arahan yang kami terima, makanya kami datang dan lanjut menemui Security untuk permisi masuk keruangan Nazila, tetapi tiba-tiba S melarang dan mengatakan yang bersangkutan tidak ada diruangannya, namun ternyata pejabat yang ditemui ada diruangannya" ujar Ir kepada wartawan, Kamis (18/4/2024) di Medan.

Lanjutnya, mereka kemudian   dipersilahkan masuk keruangan setelah menghubungi Nazila kembali untuk menemui staff  Kasubbag umum.

" Kami pun lanjut naik kelantai dua untuk menemui staff yang dimaksud sekretaris, dan saat kami sudah berada dilantai 2, saya  melihat ada ajudan di ruangan Kadis, saya masuk membilangkan Assalamualaikum lalu saya duduk di kursi sopa, saya salaman dengan ajudan tersebut tapi tiba- tiba Security tersebut mendatangi keruangan pintu Kadis dan lalu menyerang saya dengan kata- kata kasar dan bahkan menarik baju dan tas milik saya hingga saya hampir jatuh terpental" ujar Ir.

Dikatakan Ir, tindakan sekuriti tersebut sangat diluar kewajaran, selain berbohong, S juga melakukan kekerasan terhadap awak media dengan  mengusir paksa secara kasar keluar dari ruangan Kadis LHK.

Terpisah, menanggapi hal itu,  Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Sumut, Yuliani Siregar M. PA mengatakan kepada wartawan bahwa apa yang dilakukan sekuriti merupakan ketentuan yang diperlakukan di dinas tersebut.

Yuliani Siregar mengatakan tindakan S merupakan SOP pengamanan dilingkungan kantor DLHK Provinsi Sumut.


" Sudah dinasehati dan sudah tidak masalah lagi dan tindakan itu merupakan SOP kami" ujar Yuliani kepada wartawan saat dihubungi via selulernya Kamis, (18/4/2024).

Informasi menyebut sebelumnya sekuriti inisial S sudah pernah melakukan tindakan yang serupa terhadap wartawan lain dan telah dinasehati atas perbuatannya.(Eviz)

Berita Lainnya

Index