Saldo Terpotong, Transfer Tak Sampai, Nasabah Bank Sumut Kecewa

Saldo Terpotong, Transfer Tak Sampai, Nasabah Bank Sumut Kecewa

PEMATANGSIANTAR, (PAB)---

Nasabah PT Bank Sumut kecewa, transfer dana tidak sampai tujuan tapi saldo terpotong. Nasabah menilai aplikasi PT Bank Sumut tidak profesional dan sangat merugikan.

Hal ini dialami beberapa nasabah dan sudah dilaporkan kepada PT Bank Sumut, Jumat (5/4/2024) lalu.

“Saya sangat kecewa sekaligus khawatir karena uang yang saya transfer tidak sampai ke keluarga saya. Padahal uangnya sudah ditunggu karena hal mendesak. Bank Sumut kan salah satu Bank Pemerintah daerah di Indonesia, jadi seharusnya seluruh sistemnya profesional,” ujar salah seorang nasabah.

Hal yang sama juga dialami salah seorang nasabah berinisial N. Dia mengaku langsung kembali ke Kantor Cabang Bank Sumut di Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar dan menanyakan ke Satpam disana karena uang yang ditransfernya ternyata tidak sampai.

“Saya tadi mentransfer sebesar Rp 1 juta ke saudara dengan menggunakan ATM Bank Sumut, ternyata saudara saya telpon memberitahu uangnya tidak masuk, lalu saya mengecek di rekening, ternyata saldo sudah terpotong,” tukas N meradang.

Kemudian, N mengaku untuk kedua kalinya dia mentransfer ke rekening saudaranya sebesar Rp 900 ribu lagi, dan uang di saldonya terpotong, namun ketika ditanya saudara N yang seyogyanya menerima uang transferan itu ternyata tidak juga masuk ke rekeningnya.

Sementara itu, seorang ibu Br. Sidauruk mengaku sudah mentransfer Rp 3 juta dan begitu juga Bapak Marga Siahaan mentransfer Rp 700 ribu, mengalami hal yang sama, yaitu ketika melakukan transfer dengan kartu atm Bank Sumut, uang terpotong di rekening namun uang tidak masuk pada rekening penerima.

“Ini menjelang Idul Fitri, Bank akan libur, bagaimana kepastian dana yang sudah ditransfer namun tidak sampai pada tujuan. Karena libur Lebaran, katanya menunggu hingga kantor buka kembali. Takutnya uang itu raib,” tutur Br Sidauruk khawatir.

Pimpinan Bank Sumut Cabang Pematangsiantar Suhardi Sembiring, Senin (8/4/2024) belum memberikan tanggapan atas peristiwa ini. Saat dihubungi via telepon, walau terlihat aktif namun tidak merespon. Bahkan dichat tidak dibalas.

Melihat peristiwa ini salah seorang pemerhati yang pernah bekerja di Bank bermarga Situmeang menyatakan sangat prihatin melihat pelayanan aplikasi dari Bank Sumut yang merupakan salah satu Bank di Indonesia dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera yang juga sebagai tempat transaksi uang proyek dari Pemerintah.

”Kalau keterangan dari pegawai Bank Sumut menyatakan menunggu bahkan sampai 12 hari tentu membuat nasabah harus berfikir dua kali menggunakan pelayanan bank Sumut,” ujarnya.

Lebih lanjut Situmeang mengatakan, sebaiknya Bank Sumut berbenah dengan pelayanan aplikasi yang dimilikinya untuk mempertahankan nasabah.

”Melihat dari kondisi tidak menguntungkan dari reputasi sebuah bank seperti ini, sebaiknya Bank Sumut berbenah dengan pelayanan aplikasi yang dimilikinya untuk mempertahankan nasabah. Kalau tidak nasabah akan beralih ke Bank lain yang bisa saja pelayanan aplikasinya lebih baik,” tutup Situmeang. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index