Samapta Polres Simalungun Kawal Warga Tangga Baru Tuntut Sarana Olahraga dari PTPN IV

Samapta Polres Simalungun Kawal Warga Tangga Baru Tuntut Sarana Olahraga dari PTPN IV

SIMALUNGUN, (PAB)---

Sekitar 50 pemuda dan warga Nagori Tangga Baru, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, menggelar aksi unjuk rasa damai di depan Kantor PTPN IV  Unit Kebun Balimbingan. Aksi ini merupakan bentuk tuntutan kepada perusahaan negara tersebut untuk menyediakan sarana publik berupa lapangan sepak bola sebagai penggantian atas lapangan yang telah dialihfungsikan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Berlandaskan pada serangkaian peraturan seperti Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI, dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum, unjuk rasa berlangsung di bawah pengawasan ketat dari Satuan Samapta Polres Simalungun. Pengamanan dilakukan dengan pengecekan pasukan yang dipimpin oleh AKP Darma Octaviardi dari Polsek Tanah Jawa, diikuti dengan apel dan penugasan untuk menjaga kondusivitas selama aksi berlangsung.

Pengunjuk rasa, dipimpin oleh Rico, menyampaikan bahwa kegiatan olahraga memiliki peran vital dalam mencegah pemuda dari terlibat dalam penyalahgunaan narkoba sehingga adanya dukungan dari PTPN IV sangatlah diharapkan. Sebagai bukti keterlibatan aktif dalam olahraga, mereka juga membawa berbagai piala yang telah dimenangkan dalam berbagai ajang kompetisi.

Dari kekuatan personil pengamanan yang mencakup 51 orang, tercatat hadir sebanyak 43 orang. Aksi unjuk rasa ini berlangsung dalam suasana yang kondusif dan damai serta berhasil menyampaikan aspirasi masyarakat Tangga Batu kepada pihak PTPN IV Balimbingan tanpa terjadi insiden.

AKP L.S Gultom, SH, selaku KASAT Samapta Polres Simalungun, menekankan pentingnya dialog dan komunikasi antara perusahaan dan masyarakat sekitarnya. "Terciptanya kondisi unjuk rasa yang damai dan kondusif hari ini adalah bukti bahwa setiap permasalahan dapat diselesaikan melalui dialog yang konstruktif," ungkapnya.

Aksi unjuk rasa ini meninggalkan harapan bagi pemuda dan masyarakat Nagori Tangga Batu terhadap komitmen PTPN IV dalam mendukung dan mensejahterakan masyarakat melalui penyediaan sarana dan prasarana olahraga. (Rls/MS)

Berita Lainnya

Index