BPN Kota Dumai Gelar Rapat Pembentukan Tim Gugus Tugas Reforma Agraria 2024

BPN Kota Dumai Gelar Rapat Pembentukan Tim Gugus Tugas Reforma Agraria 2024

DUMAI, (PAB) -----

Bertempat di gedung Wan Dahlan Ibrahim diadakan kegiatan rapat dengan 
Kantor Pertanahan Kota Dumai menggelar Rapat Pembentukan Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kota Dumai Tahun Anggaran 2024, Kamis (1/2/2024).

Rapat yang dilangsungkan di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan mewakili Wali Kota Dumai didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Dumai, H. Yusrizal.

Perlu diketahui, Kebijakan Reforma Agraria merupakan upaya untuk menata kembali hubungan antara masyarakat dengan tanah, yaitu menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan permukaan bumi yang berkeadilan.

Disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kota Dumai, Slamet Sutrisno, tujuan Tim GTRA Kota Dumai ini dibentuk agar masyarakat memiliki kepastian hukum terhadap hak atas tanah dan meningkatkan kualitas layanan terhadap masyarakat.

"Secara garis besar ada tiga hal yang ingin diatasi melalui reforma agraria, yaitu perihal ketimpangan penguasaan tanah negara, perihal konflik agraria, serta perihal krisis sosial dan ekologi," ungkapnya.

Guna menjawab persoalan itu, pemerintah menerbitkan Perpres Nomor 62 Tahun 2023 Tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Direktorat Jenderal Penataan Agraria dengan menyusun Petunjuk Pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria guna memberikan arah, petunjuk dan menjadi pedoman kerja dalam menyelenggarakan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) baik di tingkat Pusat khususnya mengenai kelembagaan GTRA, Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota.

"Ini dimaksudkan agar pelaksanaan Reforma Agraria sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden tersebut dapat berjalan efektif dan berhasil mencapai tujuannya," tutur Slamet.

Ia berharap, dengan pembentukan Tim GTRA ini kedepan dapat mengentaskan konflik pertanahan, meningkatkan penataan aset serta akses yang lebih baik lagi.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diinginkan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Eliwaty

Berita Lainnya

Index