Danseskoal Berbagi Ilmu Kepemimpinan dengan Pasis Sujemenstra

Danseskoal Berbagi Ilmu Kepemimpinan dengan Pasis Sujemenstra

Jakarta, PAB-Online
Komandan Sekolah Staf dan Komando AngkatanLaut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M berbagi ilmukepemimpinan dengan 130 PerwiraSiswa (Pasis) Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-10 TP 2015 di Hall B Gedung R.E Martadinata, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (25/06) yang dihadiri Wadan Seskoal Laksma TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M, para Direktur, Pejabat Teras serta Patun dan Dosen Seskoal.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M mengatakan bahwa kepemimpinan TNI tidak terlepas dari gagasan tentang kepemimpinan yang hidup dalam kebudayaan bangsa Indonesia.Ketika TNI lahir, konsep kepemimpinan belum ada dan belum dirumuskan. Kemudian setelah para Perwira belajar di Amerika, kepemimpinan mendapat perhatian dan masuk dalam kurikulum pendidikan militer.

Menurut pejabat nomor satu di Seskoal ini kepemimpinan yang tumbuh dalam TNI/TNI AL dipengaruhi diantaranya oleh semangat kebangsaaan merebut dan mempertahankan kemerdekaan; Semangat kerakyatan, rakyat yang berjuang melalui ormas-ormas/partai-partai, laskar-laskar pejuang; Kebangkitan rakyat, gerakan sukarela rakyat dalam jumlah besar untuk berjuang misalnya BKR yang tidak dibentuk pemerintah tetapi oleh rakyat yang membela kemerdekaan; Semangat kemandirian, tidak dilengkapi, tidak digaji oleh pemerintah tetapi ada upaya mandiri yang sudah menjadi naluri; Semangat integrasi nasional, TNI terdiri dari aneka ragam sumber dan asal, dipersatukan oleh kesatuan Komando dalam perjuangan; Sikap pertahanan rakyat semesta yang dilakukan oleh seluruh rakyat dan TNI sebagai inti; dan Rasa tanggungjawab nasional, para pemimpin ditawan, TNI bergerilya karena rasa tanggungjawab nasional.

Beberapa hal lain terkait dengan kepemimpinan juga disampaikan Laksamana Bintang dua ini diantaranya penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan TNI/TNI AL, esensi kepemimpinan bagi pemimpin tingkat nasional, moral kepemimpinan, etika kepemimpinan, integritas kepemimpinan, karakter pemimpin, komitmen pemimpin dan model serta pengembangan kepemimpinan.(Lim)

Berita Lainnya

Index