Ciptakan kenyamanan dan Cegah Banjir, Pemko Bersihkan Beberapa Wilayah di Kota Dumai

Ciptakan kenyamanan dan Cegah Banjir, Pemko Bersihkan Beberapa Wilayah di Kota Dumai

Dumai, (PAB) -----

Alat berat milik Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dua hari belakangan sibuk melakukan pembersihan drainase atau parit sebutan lainnya. Mengunakan bucket alat berat beko (backhoe) dilakukan pengerukan sampah dari dalam drainase. Terpantau sampah bertumpuk dalam parit setelah beberapa pekerja membuka tutup beton.

Setelah dikeruk sampah langsung dimuat ke atas mobil dump truck yang telah terparkir di lokasi. Selanjutnya sampah bercampur lumpur diangkut ke lokasi pembuangan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pantauan awak media Selasa dan Rabu, 16-17 Januari 2024 ada dua titik dilakukan pembersihan, yaitu di depan Perumahan milik PT. Pelindo 1 Dumai dan Kantor Koramil Dumai Kota. Dua drainase yang keberadaannya di pinggir Jalan Sultan Syarif Kasim itu menjadi lokasi awal pembersihan.

Terlihat operator (Op) beko sibuk mengeruk dan memindahkan sampah ke atas mobil. Selain itu beberapa pekerja membantu dengan membuka tutup drainase. Tujuannya agar memudahkan Op mengeruk sampah dari dalam parit. Setelah sampah terangkat dan dimasukkan ke mobil tutup parit dikembalikan pada posisi semula.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung Walikota Dumai H. Paisal SKM,. MARS. Sosok nomor satu Kota Dumai itu memperhatikan dengan seksama Op dan alat berat yang sedang bekerja. Terkadang keluar kalimat dari mulut, sepertinya sedang mengarahkan sesuatu kepada Op atau pekerja.

Selain Walikota, Lurah Sukajadi Nuzul Mirwan, ST ikut mendampingi. Dengan berkemeja putih sosok biasa disapa Wan tersebut senantiasa mengikuti langkah (pergerakan) mantan Kadis Kesehatan Kota Dumai tersebut.

Beberapa saat setelah meninjau kegiatan pembersihan drainase di Wilayah Kelurahan Sukajadi orang nomor satu Dumai itu beredar (pergi). Namun sebelum itu awak media menyempatkan diri berbual sejenak, untuk meminta tanggapan terkait kegiatan pembersihan drainase.

Menyatakan bahwa pembersihan drainase adalah untuk mengurai persoalan banjir yang masih kerap melanda. Semua upaya dilakukan agar banjir dapat teratasi, tahapan-tahapan tersebut masih berlangsung. Salah satunya pembersihan sampah serta melakukan perbaikan dan pembuatan drainase.

"Kegiatan pembersihan drainase agar laluan air kembali lancar, karena selama ini salah satu penyebab banjir terjadi banyaknya sampah dalam parit sehingga menyebabkan parit tersumbat, akibatnya jika hujan deras melanda air akan tergenang dan bertumpuk pada beberapa lokasi, karena itu di lakukan pembersihan agar laluan  air lancar kembali". tanggap sosok religius itu menjawab soalan awak media.

"Selain pembersihan kegiatan perbaikan dan pembuatan drainase terus dilakukan, begitupula dengan kegiatan lain yang ada hubungan dengan persoalan banjir seperti pembuatan Pintu Air, Geobag dan Normalisasi agar masalah banjir dapat teratasi". sambungnya lagi.

"Buat masyarakat saya berpesan mari kita bersama-sama menjaga kebersihan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, terlebih saat musim penghujan dengan intensitas tinggi karena rawan terjadi banjir jika parit dipenuhi sampah". pungkasnya.

Diketahui banjir terjadi bukan di Dumai saja, beberapa Daerah lain juga terlanda hal yang sama. Tidak mengherankan karena masih dalam musim penghujan. Seperti disampaikan oleh pihak BMKG beberapa waktu lalu disalah satu TV Swasta.

Terkait kegiatan pembersihan drainase di beberapa titik sekitaran Jalan Sultan Syarif Kasim. Awak media menghubungi juga Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai, Riau Satrya Alamsyah, ST., MT.

Pria akrab disapa Rio itu membenarkan dan berikut tanggapan diberi melalui panggilan Telepon Genggam (HP), yuk! kita simak bersama.

"Benar Bang, alat dan anggota kita sedang melakukan pembersihan drainase di sekitaran Jalan Sultan Syarif Kasim, tepatnya didepan Perumahan Pelindo dan Kantor Koramil Dumai Kota atau dekat Kantor Polisi Militer (PM)". jelasnya awali percakapan.

Sambungnya "Perintah Pak Wali Bang untuk mengurai persoalan banjir, karena perhatian utama bagaimana masalah banjir dapat teratasi, sejalan dengan program "Khidmat Kebersihan" kegiatan ini sec

Berita Lainnya

Index