Polres Dumai Kawal Logistik Pemilu 2024

Polres Dumai Kawal Logistik Pemilu 2024

DUMAI, (PAB) -----

 

Tiba di Pelabuhan Pelindo Perawang Kabupaten Siak, Polres Dumai melakukan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024 berupa surat suara ke Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Sabtu (13/1/2024).

Kedatangan logistik Pemilu 2024 di Pelabuhan Pelindo Perawang Kabupaten Siak hingga pergeseran logistik Pemilu ke Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dikawal ketat pihak Kepolisian mulai dari Polda Riau, Sat Brimobda Riau dan Polres Jajaran Polda Riau.

Penjemputan dan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024 personel Polres Dumai dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi, S.H. Sebanyak 2 kontainer logistik Pemilu 2024 berupa Surat Suara Pemilu Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD RI dibawa dengan menggunakan 1 (satu) unit mobil truk fuso menuju Gudang Logistik KPU Kota Dumai di Jalan Abdul Rabkhan Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan dengan pengamanan dan pengawalan ketat oleh personel Polres Dumai.

Setibanya di Gudang Logistik KPU Dumai, 2 kontainer logistik Pemilu 2024 diterima oleh Kasubbag Umum, Logistik dan Keuangan KPU Kota Dumai Vany Crystal dengan disaksikan oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag beserta para Komisioner KPU Kota Dumai, Sekretatis KPU Kota Dumai Budi Suryono, Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.H.I, M.E.Sy, Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H, Kasat Intelkam Polres Dumai AKP Sarasi Sijabat, S.H dan Staf KPU Kota Dumai lainnya.

Usai serah terima, kemudian dilakukan pembongkaran muatan oleh tenaga pendukung KPU Kota Dumai dengan disaksikan oleh pihak Kepolisian dan Bawaslu Kota Dumai. Selanjutnya seluruh logistik Pemilu 2024 yang baru tiba, langsung disimpan di dalam Gudang Logistik KPU Kota Dumai dalam keadaan terkunci dan mendapatkan penjagaan oleh personel Polres Dumai. Sementara kegiatan sortir dan lipat surat suara direncanakan akan dilaksanakan pada Senin (15/1/2024) esok.

Logistik Pemilu 2024 tersebut berupa Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 236.523 lembar, DPR RI sebanyak 236.523 lembar, DPRD Provinsi Riau sebanyak 236.523 lembar, DPD RI sebanyak 236.523 lembar dan DPRD Kota Dumai sebanyak 240.523 lembar dengan rincian Dapil 1 sebanyak 72.166 lembar, Dapil 2 sebanyak 65.023 lembar, Dapil 3 sebanyak 38.190 lembar dan Dapil 4 sebanyak 65.144 lembar.

Disampaikan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, pihaknya telah menjemput logistik Pemilu 2024 berupa Surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 2 kontainer dengan pengawalannya dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi, S.H.

“Kita ingin memastikan seluruh tahapan Pemilu berjalan aman khususnya pendistribusian logistik atau surat suara yang merupakan ‘nyawa’ di Pemilu 2024. Sementara itu, kantor penyelenggara Pemilu yakni KPU Kota Dumai, Gudang Logistik KPU Kota Dumai dan Bawaslu Kota Dumai juga dikawal ketat setiap harinya oleh personel Polres Duma karena tanggungjawab pengamanan Pemilu ada di pundak Polri,” tegas AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

Selain terus berupaya untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kota Dumai agar berjalan aman dan lancar, Kapolres Dumai juga mengajak seluruh masyarakar untuk bersama-sama mengawal dan mengamankan pesta demokrasi ini sampai dengan selesai.

AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si juga mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut aktif mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. Salah satunya dengan menjaga lingkungan dan situasi Kamtibmad tetap aman, damai dan kondusif.

“Kita berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal terhadap seluruh tahapan Pemilu, menjaga netralitas, dan mencegah adanya potensi gangguan keamanan yang dapat mengganggu proses demokrasi,” tutupnya.


Eli/ril

Berita Lainnya

Index