Kapolres Dumai AKBP Dhovan Silaturahmi Kamtibmas Bersama Awak Media

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Silaturahmi Kamtibmas Bersama Awak Media

DUMAI, (PAB) -----


Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menggelar silaturahmi kamtibmas bersama awak media dalam rangka terwujudnya Pemilu Tahun 2024 yang damai dan bermartabat di Kota Dumai, Kamis (28/12/2023) di Gedung Citra Waspada Polres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.

Selain dirancang untuk meningkatkan sinergitas dan kemitraan antara Polri dengan insan pers, silaturahmi kamtibmas juga digelar dalam rangka cooling system pemberitaan untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si dalam sambutannya menjelaskan apresiasi dan terima kasih kepada awak media dan wartawan yang telah memberitakan kegiatan-kegiatan positif Polri untuk menjaga situasi Kamtibmas. Dan mengajak untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu damai, demokratis dan berkualitas dengan mengedepankan prinsip jurnalistik.

“Rekan-rekan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya partisipasi dalam Pemilu. Semoga silaturahmi, komunikasi serta kerjasama antara Polri dan media selalu terjalin dengan baik khususnya dalam memberikan informasi yang akurat, objektif dan berimbang. Tak hanya itu, seluruh awak media di Kota Dumai juga diharapkan mampu memberikan pencerahan dan mengedukasi seluruh masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam Pemilu,”

Melalui pemberitaan, rekan media juga diharapkan mampu menghimbau dan mengajak semua warga untuk turut serta mensukseskan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA serta menggunakan hak pilihnya untuk kemajuan Indonesia.

“Saya juga berharap rekan-rekan wartawan dapat menghindari pemberitaan yang bersifat provokatif, tendensius atau mengandung berita bohong (hoax) yang dapat memicu konflik atau kerawanan sosial,” tambahnya.

Cooling system merupakan upaya untuk menyejukkan suasana dan juga menurunkan suhu politik yang bisa meningkat jelang Pemilu. Cooling System juga dapat dilakukan dengan memberikan ruang dialog dan diskusi antara para kontestan pemilu, penyelenggara Pemilu, pengawas Pemilu, aparat penegak hukum, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan rekan wartawan.

“Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan pandangan politik yang ada di masyarakat. Serta harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas segala kepentingan pribadi atau golongan. Bersikap toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam berkompetisi di Pemilu, bersama-sama menjaga kondusifitas Kambtibmas agar Pemilu dapat berlangsung aman, damai, lancar dan sukses,” ungkapnya.

AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menegaskan agar rekan-rekan wartawan dapat bersama-sama mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berjalan transparan, berkualitas, jujur, demokratis dan mengedepankan kepentingan rakyat.

“Polri selalu siap melindungi, melayani dan mengayomi seluruh masyarakat, termasuk rekan-rekan awak media. Kami berharap rekan-rekan dapat memberikan masukan dan kritik yang membangun kepada kami. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang telah terjalin dengan baik antara awak media dan Polres Dumai," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Dumai, para Pejabat Utama Polres Dumai, para Kapolsek Jajaran Polres Dumai, Komisioner KPU Kota Dumai Syafrizal, S.Pd, Sekretaris Bawaslu Kota Dumai Idris Sani, S.E, Ketua PWI Kota Dumai dan perwakilan wartawan Media Cetak, Media Online dan Media Elektronik se-Kota Dumai.


Eli/ril

-

Berita Lainnya

Index