Wali Kota Medan Buka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV

Wali Kota Medan Buka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV

MEDAN,(PAB)----

Wali Kota Medan, Drs. H.T.M Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Asisten Adminitrasi Umum, Ikhwan Habibi Daulay, SH, MH, membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XVIII di lingkungan Pemko Medan Tahun 2018, Selasa (11/7/18) di aula P4TK.

Kegiatan yang difasilitasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provsu ini berlangsung 9 Juli sampai 24 Oktober 2018. Dalam sambutan tertulis ini dibacakan langsung Asisten Administrasi Umum, Dalam Kesempatan ini Walikota Medan mengatakan, penyelenggaraan diklat ini memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang dimiikinya. Dalam diklat ini, lanjut Wali Kota Medan, peserta dituntut menunjukkan kinerja dengan merancang dan memimpin suatu perubahan di unit kerjanya hingga membuahkan hasil signifikan. 

Pada pembukaan Diklat yang juga dihadiri Widyaswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provsu Enty Lafina Nasution, AP, S.Sos dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Lahum, SH, MM itu, Wali Kota menekankan, para peserta yang telah diberi kepercayaan jabatan struktural dapat benar-benar menjalani fungsinya dan memiliki kemampuan serta kompetensi, bukan hanya secara teknis, namun juga dalam kepemimpinan operasional.

"Saudara adalah manajer, pimpinan di lingkup kerja, harus mampu berkolaborasi, berpikir kreatif, inovatif, memanfaatkan teknologi, sekaligus mengayomi bawahan," ucap Wali Kota seraya berpesan agar peserta bersungguh-sungguh mengikuti Diklat dengan pembimbing yang berpengalaman ini. Sebelumnya Kabid Pengembangan SDM Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangn SDM Kota Medan, Adrian Saleh, SE, diikuti 30 peserta yang menduduki jabatan struktural Eselon V. Tujuannya membentuk kompetensi peserta dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Soleh menambahkan, melalui Diklat ini, peserta diharapkan mampu membangun karakter dan sikap perilaku integritas sesuai dengan peraturan perundangan dan kemampuan untuk menjunjung tinggi etika publik, tata nilai, norma, moralitas, dan bertanggung jawab memimpin unit instansinya. Dia menambahkan, peserta juga dilatih merencanakan kegiatan di instansinya, berkolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas organisasi ke arah efektivitas dan efisiensi.

Di samping itu, lanjut Soleh, peserta juga akan dilatih berinovasi agar kegiatan efektif dan efisien serta mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal dalam implementasi kegiatan instansinya. Kegiatan ini ditandai dengan Pernyataan Pembukaan Diklat oleh Asisten Administrasi Umum atas nama Wali Kota Medan yang dilanjutkan penyematan tanda peserta secara simbolis.

(Rosen)

Berita Lainnya

Index