PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL PADAT KARYA DI LINGK. DISTRIK NAVIGASI TIPE A KELAS I DUMAI

PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL PADAT KARYA DI LINGK. DISTRIK NAVIGASI TIPE A KELAS I DUMAI

 Dumai, (PAB) ----

Pada hari Selasa tanggal 10 Oktober 2023, Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai melaksanakan Pembukaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Tahun 2023 bertempat di Halaman Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai.


Kegiatan pembukaan Padat Karya dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI Dapil I Riau Ir. Effendi Sianipar, M.M., M.Si., Direktorat Kenavigasian yang diwakili oleh Merdizen Rois, S.H., Walikota Dumai yang diwakili oleh Sekretaris Kota DumaiH. Indra Gunawan, S.IP., M.Si., Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Dumai, Para Kepala UPT Kementerian Perhubungan di Wilayah Kerja Provinsi Riau, Perwakilan KPPN Dumai, Perwakilan Camat Dumai Timur, Lurah Buluh Kasap, Lurah mundam, Perwakilan dari PT. Pelindo Cabang Pekanbaru dan Dumai, serta perwakilan peserta Padat Karya.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Tahun 2023 dimulai dengan Laporan Pelaksanaan Kegiatan oleh Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai, Ibu Gigih Retnowati, S.T., M.T., sambutan oleh Walikota Dumai yang diwakilioleh Sekretaris Daerah Kota Dumai Bapak H. Indra Gunawan, S.IP., M.Si. dalam sambutannya Pemerintah Kota Dumai menyambut baik Kegiatan PadatKarya yang diselenggarakan oleh Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai yang akan membawa dampak positif terhadap perekonomian Kota Dumai dan diharapkan dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang serta diperlukan dukungan yang kuat dari stakeholder terkait

Dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan resmi kegiatan Padat Karya Tahun 2023 oleh Anggota Komisi V DPR RI Bapak Ir. Effendi Sianipar, M.M., M.Si.

Dalam sambutannya manyampaikan Program Padat Karya dilaksanakan secara berkelompok, mengutamakan tenaga kerja yang direkrut dari masyarakat sekitar, serta mempertimbangkan dan memprioritaskan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus, tidak bekerja dalam waktu yang lama, dan mempertimbangkan juga masyarakat yang memerlukan pekerjaan guna menyambung kelangsungan perekonomian.

Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan. tujuan dari program padat karya yaitu untuk :1. Mengurangi pengangguran dan masyarakat miskin; 2. Memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat; 3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat;4. Mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, perempuan, anak, dan kelompok marginal kepada pelayanan dasar, dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat; 5. Membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai.

Kegiatan Padat Karya Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 10 s.d. 12 Oktober 2023. Padat Karya tahun ini berlokasi di tiga tempat yaitu, Dermaga Kenavigasian Mundam, Dermaga Kenavigasian Dumai, dan Taman Pelampung/Lapangan Penumpukan Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai  Jalan Datuk Laksamana.

Adapun ruang lingkup pekerjaan yaitu Pengecatan, pembersihan lahan, penebasan rumput. Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 (delapan puluh) tenaga kerja dari masyarakat setempat. Diharapkan dengan pelaksanaan padat karya para dapat membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pembagian Snack dan makan siang

Eliwaty/Ril

Berita Lainnya

Index