RSUD dr. Zubir Mahmud Layani Pemeriksaan Radio Diagnostik CT Scan

RSUD dr. Zubir Mahmud Layani Pemeriksaan Radio Diagnostik CT Scan

Aceh Timur, (PAB) -  -

 Awal September 2023, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zubir Mahmud Aceh Timur dapat melayani pemeriksaan Radio Diagnostik Computed Tomography Scan (CT Scan). CT Scan adalah prosedur pemeriksaan yang memanfaatkan teknologi komputer khusus dan sinar-X untuk melihat jaringan dan struktur di dalam tubuh melalui berbagai sudut.

“Alhamdulillah  hari ini kita melaunching alat Radio Diagnostik CT Scan, yang insyaallah per 1 September 2023 sudah bisa melayani pasien BPJS maupun pasien umum, setelah ada izin dari Bapeten,” ujar Direktur RSUD dr. Zubir Mahmud Aceh Timur, dr. Edi Gunawan MARS kepada wartawan usai melaunching alat tersebut di RSUD dr. Zubir Mahmud, Rabu (30/8/2023).

Edi Gunawan menambahkan, alat tersebut tidak hanya melayani pasien dengan gangguan saraf, tapi juga melayani pasien jantung dan pasien dengan penderitaan pencernaan lainnya, tergantung dokter spesialis bagian yang akan diperiksa.

“Awal September kita akan menerima pasien-pasien yang berada di wilayah Aceh Timur, namun tidak tertutup kemungkinan kita juga akan menerima pasien dari luar Aceh Timur. Misalkan ada warga dari luar Aceh timur terjadi kecelakaan di Aceh Timur, pihak rumah sakit akan melayaninya,” kata Edi Gunawan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan, M.Kes pada kesempatan tersebut mengatakan, pelayanan pemeriksaan radio diagnostik di RSUD Aceh Timur butuh waktu yang pertama adalah izin dari dari BPJS dan Dinas kesehatan. 

“Dengan adanya fasilitas yang kita miliki ini dimana CT  scan ini memudahkan diagnosa penunjang kemudian juga untuk memudahkan masyarakat  pasien dari Kabupaten Aceh Timur tidak lagi dirujuk ke RSUD tetangga, yaitu RSUD Kota Langsa dan RSUD Lhokseumawe.,” ujar Sahminan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kadinkes Aceh Timur, Sahminan, M.Kes, Direktur RSUD Dr. Zubir Mahmud, dr. Edi Gunawan, MARS, Kepala BKPSDM Aceh Timur, Teuku Didi Farisha, S.STP., M.AP, Kasatpol PP dan WH, T. Amran SE MM, Bisnis Manager Diagnostik Imaging, Rizki Suhendra, S.SIT. M.Kes, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Kekayaan Daerah (DPKKD), Drs. Irfan Kamal M.Si,  dan sejumlah tamu undangan lainnnya.(Iwan)

Berita Lainnya

Index