Karena Sering Jatuh:

Banyak Negara Ragu Membeli Pesawat Osprey

Banyak Negara Ragu Membeli Pesawat  Osprey
Karena sering jatuh, banyak negara menunda pembelian pasawat Osprey

Jakarta, CNN Indonesia --

MV-22 Osprey merupakan salah satu varian dari pesawat MV-22 Osprey, yang terlebih dahulu dikembangkan Boeing dan Bell Helicopter Textron pada 1997. Tapi belakngan, pesawat ini menjadi sorotan karena pesawat ini sering jatuh.

Indonesia juga pernah berencana untuk membeli pesawat MV-22 Osprey Block C dari Amerika Serikat. Tapi wacana tersebut belum belum menemui titik terang. Pesawat Osprey memiliki karakter khas, yaitu pesawat bisa melakukan vertical take off landing seperti helikopter. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk mengendarainya, sehingga butuh pilot khusus juga.

Pesawat Osprey juga  bisa vertical take off landing sehingga praktis bisa mendarat di manapun, misalnya di lapangan terbuka, di sawah yang kering juga bisa.

Osprey, menjadi sorotan usai mengalami kecelakaan di pulau terpencil Australia, Melville, saat latihan gabungan pada Minggu (27/8). Kenyataan ini membaut banyak negra mengurungkan niatnya untuk membeli pesawat jenis ini.

Terkait dengan jatuhnya, Osprey pada Minggu pagi (27/8), Komisioner polisi Northern Territory, Michael Morphy, mengatakan, mulanya dua pesawat marinir Osprey terbang dari Darwin ke Pulau Tiwi pada Minggu pagi. Salah satu pesawat kemudian mengalami kecelakaan di Pulau Melville.

Pesawat-pesawat tersebut terlibat dalam latihan gabungan bertajuk Predators Run. Imbas kecelakaan itu, tiga marinir AS dilaporkan tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Ternyata , Osprey bukan kali pertama mengalami insiden semacam itu. Serangkaian kecelakaan tersebut sampai-sampai memicu pertanyaan soal catatan keselamatan Osprey.

Berikut daftar kecelakaan pesawat Osprey dari tahun ke tahun.

Juli 2023 
Pada Juli, empat warga Australia tewas ketika pesawat ini jatuh ke laut saat latihan perang multinasional di dekat Queensland, demikian dikutip AFP.

8 Juni 2022
Lima Marinir AS tewas setelah MV-22 Osprey jatuh selama misi pelatihan di dekat Glamis, California, demikian dikutip CNN.

18 Maret 2022
Empat anggota militer AS tewas saat Osprey yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan selama latihan bersama NATO di Norwegia.

28 September 2017
MV-22 Osprey jatuh di Suriah, imbas insiden ini dua anggota militer mengalami luka-luka.

5 Agustus 2017
MV-22B Osprey jatuh di lepas pantai Australia, dan menyebabkan tiga Marinir tewas.

13 Desember 2016
Dua orang terluka usai MV-22B Osprey mendarat di perairan dangkal di lepas pantai Okinawa, Jepang.

17 Mei 2015
Setidaknya dua marinir tewas usai MV-22 Osprey Korps Marinir jatuh di tempat latihan Bellows di Oahu, Hawaii.

13 Juni 2012
CV-22 Osprey Angkatan Udara jatuh selama misi pelatihan rutin di utara Navarre, Florida. Akibat kejadian ini, lima orang terluka.

11 April 2012
Dua personel AS tewas dalam kecelakaan Osprey di Maroko.

8 April 2010
Osprey Angkatan Udara AS jatuh di Afghanistan selatan. Imbas kejadian ini, tiga anggota militer AS dan satu pegawai sipil tewas.

11 Desember 2000
Empat Marinir tewas ketika Osprey jatuh di North Carolina. Kecelakaan tersebut diduga disebabkan karena masalah di bagian hidrolik dan anomali perangkat lunak pada sistem komputer pesawat.

April 2000
Osprey mengalami kecelakaan saat pelatihan di Arizona dan menewaskan 19 Marinir.

Kecelakaan tersebut disebabkan karena kesalahan pilot. Berdasarkan hasil investigasi, pilot mencoba mendarat terlalu cepat dan dengan sudut yang terlalu curam, sehingga menyebabkan daya angkat hilang.

20 Juli 1992
Tujuh orang tewas saat uji coba pesawat jenis ini. Ketika itu, Osprey jatuh di Virginia.

(Radith)
 

Berita Lainnya

Index