Usia Malindo Darsasa sudah Setengah Abad

Usia Malindo Darsasa sudah Setengah Abad
Panglima Tentera Udara Diraja (PTUD) Malaysia Jeneral Tan Sri Dato' Sri Mohd Asghar Khan Bin Griman Khan, berkunjung ke Panglima TNI, Yudo Margono, S.E., M.M.

Jakarta, (Pab-Indonesia)

Perjalanan Malindo Darsasa sudah memasuki usia setengah abad. Lahir dalam suasana persahabatan yang hangat antara Indonesia dan Malaysia di awal tahun tujuh puluhan. Bayinya lahir dari kota sejuk Prapat di tepi Danau Toba yang indah tanggal 27 Juli 1972.

Di usianya yang tak muda lagi itu, Indonesia dan Malaysia bersepakat akan terus meningkatkan kerjasama militernya. Peningkatan kerjasama yang lebih kuat ini, menjadi penting untuk kawasan kedua negara. Lebih-lebih kawasan Selat Malaka, yang menjadi ujung tombak perdagangan kedua negara.

Latgabma Malindo Darsasa memiliki arti dan manfaat yang sangat besar, serta memiliki dampak strategis bagi kedua negara, yaitu meningkatkan kualitas dan kapasitas kerjasama militer TNI dan ATM terutama berkaitan dengan upaya peningkatan profesionalisme prajurit kedua Angkatan Bersenjata, sehingga tercipta interoperability dalam pelaksanaan operasi khususnya pada bidang counter terorism.

Untuk terus meningkatkan hubungan kerjasamanya,  Panglima Tentera Udara Diraja (PTUD) Malaysia Jeneral Tan Sri Dato' Sri Mohd Asghar Khan Bin Griman Khan,nSenin, (21/8/23) lalu,  berkunjung  ke Indonesia, untuk melakukan pembicaraan lebih jauh tentang hubungan kerjasama militer dengan Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Menurut Panglima TNI, hubungan TNI dan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) saat ini sudah berjalan baik dengan sangat erat serta terus berkembang. Ke depan kedua Angkatan Bersenjata saling berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan persahabatan sebagai saudara serumpun

Pada pertemuan tersebut Panglima TNI menyampaikan, hubungan Angkatan Bersenjata Indonesia dengan Malaysia sudah berjalan dengan baik dan terus berkembang, terbukti dari keikutsertaan TNI dalam Latgabma Malindo Darsasa 11AB/2023 dan mengirimkan Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU pada pameran LIMA di Langkawi, Malaysia.

Menurut Panglima TNI, pada Latgabma Malindo Darsasa telah dilaksanakan pada Maret 2023 lalu di Kuantan dengan mengirimkan 150 personel juga keikutsertaan Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU dengan enam pesawat KT-1B Woong Bee pada pameran Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2023 (LIMA ’23) pada Mei 2023 yang sukses menyuguhkan sebelas manuver udara berkelas dunia. (raditya)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Index