29 Juni, DPR gelar fit and proper tes calon KaBIN dan Panglima TNI

29 Juni, DPR gelar fit and proper tes calon KaBIN dan Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq memastikan fit and proper test calon Kepala BIN, Letjen TNI (Purn) Sutiyoso dan calon Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo akan dilaksanakan pada 29 Juni, pekan depan. Hal itu sudah menjadi keputusan rapat Komisi I DPR yang membidangi pertahanan dan luar negeri ini.

"Kami sudah buat rencana proses fit and proper test tanggal 29 Juni," ujar Mahfudz di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6).

Sejauh ini, mengenai fit and proper test, Komisi I DPR masih menunggu penugasan dari Badan Musyawarah. Selain itu paripurnanya juga masih belum berlangsung.

"Seharusnya rapat pengganti bamus menjadwalkan penugasan. Saya harap enggak ada masalah dalam rapat itu dan kalau ini bisa diputuskan untuk ke Komisi I, maka tanggal itu bisa dilakukan fit and proper test," tuturnya.

Di sisi lain fit and proper test akan dilakukan Sutiyoso dan Gatot secara terpisah. Terkait siapa yang dijadwalkan duluan, menurut Mahfudz tak ada perbedaan, hanya sekedar masalah kesempatan siapa yang awal saja.

Pada prinsipnya, penilaian Komisi I DPR di dalam fit and proper test baik calon Panglima atau Kepala BIN akan kembali merujuk pada undang-undang. Sedangkan hasilnya akan segera dilaporkan ke paripurna sebelum masa reses berlangsung.

Berita Lainnya

Index