PT. PLN (Persero) Segera Luncurkan Smart Meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) Di Medan

PT. PLN (Persero) Segera Luncurkan Smart Meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) Di Medan
Ket. Foto: Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumatera Utara Yasmir Lukman

Medan,(PAB)-----

PT PLN (Persero) semakin berinovasi meningkatkan layanan kelistrikan untuk mempermudah dan memuaskan layanan kepada masyarakat, dan tak kalah menarik PT PLN (Persero) meluncurkan inovasi layanan dalam bentuk smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI).

Advanced Metering Infrastructure (AMI) sendiri merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumatera Utara Yasmir Lukman kepada wartawan di Medan, Selasa (13/6/2023) mengatakan dengan AMI, baik PLN maupun pelanggan dapat melakukan monitoring dan kontrol secara real-time.

"AMI sendiri, merupakan pengembangan dari AMR (Automatic Meter Reading), pembacaan meter otomatis dengan tambahan kemampuan penerapan tarif secara dinamis dan interkoneksi." Ujarnya.

Dikatakannya, penerapan smart meter berbasis AMI ini membawa banyak manfaat, seperti pembacaan data meter secara real-time dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi.

"Dan pemasangan smart meter berbasis AMI untuk menggantikan alat meter listrik manual, dan diberikan secara gratis " ungkapnya.

Yasmir menerangkan  dengan sistem ini para pelanggan bisa mengetahui profil penggunaan energi listrik sekaligus tagihan listrik berjalan. Pelanggan juga bisa menghitung energi listrik secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile.

Tidak hanya membawa manfaat dari sisi pelanggan, penerapan AMI telah terbukti mampu menghemat penggunaan energi, dan menekan biaya operasional perusahaan untuk pengecekan meter secara langsung.

“Untuk Pulau Sumatera, Medan menjadi Kota pertama yang akan segera meluncurkan smart meter berbasis AMI, dan secepatnya layanan ini direalisasikan, tunggu aja kabarnya" pungkas Yasmir.

(Evi)

Berita Lainnya

Index