DPD Kota Dumai periode 2023-2028 Lantik Efrimen Datuk Raja Malano

DPD Kota Dumai periode 2023-2028 Lantik Efrimen Datuk Raja Malano

DUMAI, (PAB)  ----

Pengurus "Keluarga Besar Rang Jambak (KBRJ) Ampek Janjang" DPD Kota Dumai periode 2023-2028, resmi dilantik Efrimen Datuk Raja Malano, Minggu (4/6/2023) pagi, di Gedung Sri Bunga Tanjung Jl Putri Tujuh.

Pelantikan dan "Baralek Gadang" dihadiri; Walikota Dumai H Paisal, SKM., MARS., Anggota DPRD Dumai berdarah Minangkabau, Kapolres, Dandim, Kaban Kesbangpol, Ketua LAMR Dumai, Ketua Ninik Mamak Suprimin, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau Fauzi Bahar bergelar Datuk Nan Sati, Ketua DPP P/KBRJ Rony Putra, Penghulu Jambak Sumatera Barat Irwan Basir, SH., MH., Tuanku Bonta Kabuntaan Talo Ir H Joni, Sekretaris IKMR Riau Ir H Marjoni Hendri, M.Tr., IP., Ketua MKA LAM Riau Datuk Seri Marjohan Yusuf, Ketua Ika-ika dibawah IKMR Dumai, Pemuda Pancasila dan FKPI Dumai, Ketua Suku-suku Dumai, Penasehat Rang Jambak Riau  Arsyadjuliandi Rachman, Tokoh Riau kelahiran Sumbar, DR. Misharti, S.Ag, M.Si., dan Wakil Ketua DPRD Riau Markarius Anwar.

Ketua Panitia pelantikan, Ahmad Dahlan ucapkan terimakasih kepada Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Walikota Paisal dan tamu undangan yang telah bersedia hadir. "Terimakasih atas kehadiran dan dukungan semuanya, termasuk panitia," cakap Ahmad Dahlan.

Disampaikannya, panitia merasa bersyukur acara bisa berlangsung sukses, walaupun tadi malam hujan turun membasahi. "Sudah jadi semacam tradisi alam sejak jaman moyang kita, kalau Rang Jambak Baralek pasti hujan. Itu tandanya Allah mencurahkan berkah bagi umat dan alam," ungkap Ahmad Dahlan.

Dijelaskannya, acara pelantikan disebut Baralek Gadang karena panitia siapkan satu ekor kerbau, dua ekor kambing dan 70 Kg nila untuk di nikmati bersama-sama.

"Semuanya dimasak bersama dengan kompak," pungkas pria, yang juga berprofesi sebagai wartawan ini.

Berdasar SK yang dikeluarkan DPW KBRJ Riau, Ketua Umum DPD KBRJ Kota Dumai Periode 2023-2028, diamanahkan kepada Huzaimi Alataf, SH., bergelar Datuk Malano Bagading Ameh. Sementara Ketua Harian dipercaya kepada Ahmad Dahlan.

Ketua Hujaimi Alataf, dalam sambutannya berharap agar semua anggota KBRJ Dumai semakin kuat, rukun dan mempererat silaturahmi. "Terimakasih kepada Efrimen Datuk Raja Malano yang telah melantik saya dan pengurus. Kehadiran KBRJ Dumai, bukan sekedar nama atau slogan, tapi bisa berpartisipasi dan kemanfaatan bagi masyarakat Dumai," ucap Hujaimi Alataf.

Diakhir sambutan nya, Hujaimi Alataf mengajak seluruh anggota KBRJ Dumai untuk bersatu dalam setiap kegiatan suka maupun dukacita.

Dilain sisi, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Fauzi Bahar, yang diwakili salah satu tokoh dari Sumbar, ucapkan selamat kepada Pengurus DPD Rang Jambak Dumai. "Selamat dan sukses. Dengan terbentuknya DPD Dumai, maka menguatkan ikatan Rang Jambak di kampung dengan Rang Jambak di perantauan," pungkas sang tokoh.

Penasehat Rang Jambak Riau Arsyadjuliandi Rachman diwakili 
Wakil Ketua IKMR Riau Hermansyah, sampaikan kekagumannya kepada DPD Rang Jambak Dumai. "Belum pernah ada pelantikan Rang Jambak di Riau, semeriah di Dumai," ucap Hermansyah.

Katanya lagi, ada rencana IKMR Riau untuk menggelar Baralek Gadang Urang Minang se-Riau. "Kita akan gelar acara Urang Minang se-Riau di Pekanbaru. Ada 65 organisasi IKMR di Riau. Kita carter satu hotel untuk penginapan dan keberlangsungan acara," pungkas Hermansyah, disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

Sebagai penutup sambutan, Payung Negeri, yaitu Ketua LAMR Dumai yang diwakili Datuk Zamhur berkata, bahwa LAMR Dumai membuka pintu seluas-luasnya kepada suku-suku lainnya untuk lakukan kegiatan membangun Kota Dumai. "Kami siap bergandengan tangan bersama 18 suku di Dumai untuk membangun dan memajukan kota," cakap Zamhur.

Demikian pula Walikota Paisal yang diwakili Staff Ahli Yunus menyambut baik pagelaran Pelantikan dan Baralek Gadang KBRJ Dumai. "Mari bersama kita bangun Dumai menjadi lebih baik dan maju," kata Yunus.

Turut dilantik pengurus Bundo Kanduang KBRJ Dumai, periode yang sama.

Selama berlangsungnya acara, ada banyak

Berita Lainnya

Index