DD Belum Cair, Proyek Pembangunan Parit di Sibuntuon Dikerjakan Dari Pinjaman

DD Belum Cair, Proyek Pembangunan Parit di Sibuntuon Dikerjakan Dari Pinjaman

SIMALUNGUN, (PAB)--

Proyek pembangunan parit di Nagori (desa-red) Sibuntuon, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun menyisakan pertanyaan. Selain misterius karena tidak terdapat plank proyek, juga diduga dikerjakan asalan dan tidak melibatkan warga setempat.

Informasi di lapangan, Jumat (26/5/2023) proyek tersebut berasal dari Dana Desa (DD) 2023 Tahap 1. Jon Simarmata yang mengaku sebagai Maujana Nagori mengatakan bahwa DD tahap 1 untuk Nagori nya belum cair, namun akibat desakan warga maka proyek tersebut dikerjakan dengan menggunakan dana pinjaman.

“Sumber anggaranya dari DD 2023 tahap 1, karena blum cair namun didesak warga, kita kerjakan dengan dana pinjaman," ungkapnya.

Namun saat ditanya siapa Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Jon Simarmata mengaku tidak mengetahui. Dikatakannya bahwa yang terpenting parit tersebut segera dibangun karena sifatnya mendesak.

Ditanya biaya yang dianggarkan untuk proyek tersebut, salah seorang pekerja mengaku tidak mengetahui namun menurutnya parit tersebut type 60x60x50 dengan panjang pasangan sekitar 226 meter.

Sementara informasi yang diperoleh dari warga yang tidak ingin namanya disebut, mengatakan bahwa warga setempat tidak diberdayakan atau tidak dilibatkan dalam pekerjaan tersebut.

"Pekerjanya semua dari luar desa ini, warga disini tidak dilibatkan dalam pekerjaan ini," ujarnya dengan kesal.

Ditambahkan warga ini, bahwa pengerjaan parit ini asalan, disamping tidak punya pondasi, campuran semen dan pasirnya juga diragukan tidak sesuai standart. Bahkan jenis padas yang digunakan tidak sama sehingga patut diduga menggunakan material bekas. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index