Dinas Perikanan Kota Dumai adakan pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember

Dinas Perikanan Kota Dumai adakan pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember

DUMAI,( PAB) ---

Dalam rangka antisipasi peningkatan angka stunting, Dinas Perikanan Kota Dumai adakan pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) bagi 100 ibu-ibu dari berbagai kelurahan yang miliki anak kategori stunting, Selasa (14/3/2023) pagi, di Halaman Kantor Dinas Perikanan, Jl Dermaga Darat Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat.

Dalam laporannya, Kadis Perikanan Mukhlis Suzantri, S.Hut.T., MT., sampaikan bahwa Peraturan Walikota Dumai Nomor 97 Tahun 2022 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023 jadi dasar penyelenggaraan kegiatan.

Latar belakang kegiatan adalah, bahwa, tahun 2021 berdasarkan hasil survei Status Gizi Indonesia (SSGI), kasus stunting Dumai berada diangka 23%. Sekarang sudah turun diangka 8,9 persen.

"Tujuan kegiatan, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara Budikdamber, guna meningkatkan pemenuhan gizi keluarga serta memotivasi dan mambantu ibu-ibu mengurangi biaya hidup rumah tangga dalam pemenuhan gizi keluarga," ucap Mukhlis Suzantri.

Penyelenggaraan kegiatan dibebankan pada APBD Dumai Tahun Anggaran 2023, Satuan Kerja Dinas Perikanan Kota Dumai.

"Semoga pelatihan ini dapat menstimulan/merangsang masyarakat untuk melaksanakan kegiatan budidaya ikan, guna terpenuhinya gizi keluarga dan kedepannya dapat dijadikan sebagai salah satu sumber untuk kesejahteraan hidup keluarga," harapan Mukhlis Suzantri, menutup sambutan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Leni Ramaini, SKM., Paisal katakan, Budikdamber berikan kesempatan kepada masyarakat untuk lebih berdaya memanfaatkan pekarangan rumah.

"Sehingga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga namun pemenuhan asupan gizi keluarga tetap terjaga dengan baik, karena bisa dengan mudah didapat dari hasil Budikdamber," ungkap Hj Leni Ramaini.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan hasil Budikdamber jadi salah satu peluang usaha yang akan meningkatkan ekonomi keluarga.

"Terimakasih kepada Dinas Perikanan dan ibu-ibu yang telah luangkan waktu datang mengikuti pelatihan. Bahkan ada ibu-ibu yang datang dari Kelurahan berbatasan dengan kabupaten lain. Terimakasih..," ucap Leni Ramaini. Selanjutnya, Ny Walikota Paisal inipun membuka secara resmi pelatihan.

Secara simbolis Leni Ramaini, Mukhlis Suzantri dan Kadis Dinas Penyuluhan Perencanaan Keluarga Berencana (DPPKB) Elywarti, SKM., serahkan perlengkapan Budikdamber kepada 3 peserta.

Untuk materi pelatihan itu sendiri dipaparkan Ka UPT Budidaya Ikan Air Tawar Surya, S.Pi. Untuk peralatan Budikdamber tersebut, nantinya akan diserahkan langsung oleh petugas di posyandu para peserta.

Pukul 11.00 WIB acara selesai dilanjutkan ramah tamah makan siang bersama.

(Eliwaty)

Berita Lainnya

Index