MTQ KECAMATAN KERAJAAN, PESAN TOLERANSI DARI DUSUN LAE LEAM

MTQ KECAMATAN KERAJAAN, PESAN TOLERANSI DARI DUSUN LAE LEAM

Pakpak Bharat (PAB)---


Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kecamatan Kerajaan dilaksanakan hari ini (22/02/2023) di Dusun Lae Leam, Desa Surung Mersada. Plt. Asisten Administrasi Dan Pembangunan Kubupaten Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu, S.Pd, MM atas nama Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor membuka perhelatan kebolehan membaca kitab suci Alquran ini.
MTQ Kecamatan Kerajaan dipandang sebagai sebuah symbol tingginya nilai toleransi antar umat beragama di Kabupaten Pakpak Bharat yang begitu tinggi, keberagaman yang terjaga indah terlihat dalam event tahunan  ini.
Ini luar biasa, kita mengetahui Bersama Kepala Desa disini, Bapak Kelleng Kabeakan adalah seorang Nasrani, tapi disini bukan sekdar hadir, beliau adalah Ketua Paniti dalam Musabaqah Tilawatil Quran ini, ucap Ust. Malindung Capah, S.Ag, Sekretaris Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pakpak Bharat saat memberikan sambutannya.
Hal serupa disampaikan oleh Camat Kerajaan, Febriansyah Baoangmanalu, S.STP dalam sambutannya. 


Pelaksanaan MTQ kali ini terasa istimewa bagi saya, dengan hadirnya seorang Kelleng Kabeakan mengambil alih kendali pelaksanaan sebagai Ketua Panitia, baru kali ini tercipta disini, pelaksanaan MTQ dirancang dengan sangat apik dan meriah oleh seorang yang nota dia adalah seorang Nasrani yang taat. Benar-benar sebuah memontum keberagaman yang indah, pesan toleransi ini harus sampai keseluruh dunia, bahwa disini, di dusun Lae Leam, Desa Surung Mersada, Kecamatan Kerajaan kita mampu menjaga ap aitu toleransi, mampu menjadikan bahwa perbedaan itu sungguh hal yang sangat indah, ucap Febriansyah Boangmanalu.


Bapak ini, Kelleng Kabeakan sering menemui saya, berdiskusi banyak tentang pelaksaan MTQ ini, sya melihat kesungguhan dia demi suksesnya MTQ ini, salut buat dia, tambah Camat Kerajaan ini.
Kelleng Kabeakan diketahui telah menjabat sebagai Kepala Desa Surung Mersada dalam tiga tahun belakangan. Sosok pendiam ini memang dikenal gesit dan banyak ide cemerlang. Dia juga diketahui aktif dalam berbagai kegiatan kerohanian baik dalam lingkungan Gereja dan lainnya.
Tidak ada motivasi lain, saya hanya ingin agar saudara-saudara yang hari ini melaksanakan MTQ ini merasa nyaman, itu saja, ucap dia singkat.
Sementara itu Plt. Asisten Administrasi Dan Pembangunan Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu, S.Pd, MM melontarkan pujian terhadap pelkasanaan MTQ Kecamatan Kerajaan ini.
MTQ Kecamatan serasa MTQ Kabupaten, sangat luar biasa, meriahnya, rapi, dekorasinya, istimewanya justru dirancang seorang yang nota bene umat Nasrani, benar-benar keberagaman yang indah, semoga bisa dicontoh oleh Daerah lain, ungkap dia.


Sahat Boangmanalu menambahkan harapannya agar nanti dalam perhelatan MTQ yang lebih besar, baik dalam MTQ Kabupaten Pakpak Bharat dan lainnya agar Prestasi Kecamatan bisa lebih meningkat lagi.
Dalam beberapa tahun belakangan juara umum MTQ selalu terlepas dari Kecamatan Kerajaan, mudah-mudahan tahun ini Kecamatan Kerajaan keluar sebagai juara umum, pesan dia. (Frank)

Berita Lainnya

Index