BPS Dumai Gelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Instansi dan Elemen Masyarakat

BPS Dumai Gelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Instansi dan Elemen Masyarakat

DUMAI, (PAB) ----


Dalam rangka mengevaluasi angka atau statistik dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi dan Perguruan Tinggi se-Kota Dumai, Badan Pusat Statistik (BPS) Dumai mengadakan Focus Group Discussion (FGD), mengundang Perwakilan Sekretariat Daerah, Perwakilan DPRD, 26 OPD, 7 Camat, Pimpinan Perusahaan BUMN dan BUMD, Instansi Vertikal dan 8 Perguruan Tinggi. Total undangan 54 orang, Selasa (21/2/2023) pagi di Lantai 7 Cititel Hotel.

"FGD bertujuan untuk mengevaluasi angka atau statistik, dan saat ini di semua Kabupaten/Kota juga dilakukan hal yang sama. Hasil FGD nanti akan di kirim ke provinsi, berlanjut ke Pusat dan akhirnya akan di rilis secara nasional pada 28 Februari 2023 oleh BPS Pusat," ungkap Kepala BPS Dumai, Drs Morhan Tambunan, M.Si.

Untuk pelaksanaan kegiatan, di laporkan Morhan Tambunan, menggunakan anggaran DIPA BPS Dumai.

"Untuk acara inti, saya sendiri nantinya sebagai moderator. Sedangkan narasumber berasal dari Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotiksan Dumai serta Bidang statistik BPS Dumai," pungkas Morhan Tambunan.

Selanjutnya, Walikota H Paisal, SKM., MARS., diwakili Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, M Syafi'i berkata "Pelaksanaan amanat UU No: 25 Tahun 2004 dan UU No: 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah diharuskan untuk membuat sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang didasarkan pada data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan".

Katanya lagi, ketersediaan data dan informasi akurat, jadi dasar serta arahan yang akurat kepada pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang tepat sasaran.

"Melalui Perpres No: 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia, dijelaskan BPS sebagai Pembina Statistik, Diskominfotiksan merupakan Walidata kegiatan statistik sektoral, OPD dan instansi sebagai produsen data/statistik serta Bappeda sebagai Koordinator Forum Satu Data," baca Syafi'i.

Setelah FGD dibuka resmi M Syafi'i, kemudian dilakukan sesi foto bersama diteruskan masuk acara inti, berupa diskusi.


Dalam acara diskusi Nara sumber  3 orang 
Acara berjalan dengan lancar dan baik


Eliwaty

Berita Lainnya

Index