BPJS kesehatan Gelar PIL di PN Langsa dalam Memberikan Akses Layanan Kesehatan

BPJS kesehatan Gelar PIL di PN Langsa dalam Memberikan Akses Layanan Kesehatan

Langsa, (PAB) – 

Menuju satu dekade Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),  BPJS Kesehatan terus berupaya mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Pesatnya perkembangan informasi seputar Program JKN menjadikan BPJS Kesehatan Cabang Langsa berkomitmen untuk menyampaikan informasi kepada peserta melalui Pemberian Informasi Langsung (PIL) yang dilaksanakan pada Kantor Pengadilan Negeri (PN) Langsa,Kamis (2/1/2023).
Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor PN Langsa dan dihadiri oleh seluruh pegawai.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para Pegawai dapat memahami hak dan kewajiban peserta, pembayaran iuran, alur pelayanan, manfaat alat bantu kesehatan yang dijamin dan manfaat yang tidak dijamin hingga kanal layanan digital serta ketentuan-ketentuan terkait Program JKN.

Dalam kesempatan ini Doni Fasial Tanjung, selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta menyampaikan, Kegiatan seperti ini telah sering dilakukan mengingat perlunya update informasi serta tata cara penyampaian informasi dan penanganan pengaduan perihal Program JKN yang dialami oleh Peserta. Selain terus melakukan monitoring, tentunya dibutuhkan adanya evaluasi dan perbaikan agar pelayanan dapat terus ditingkatkan.

“Sosialisasi ini juga merupakan ruang lingkup atas perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Mahkamah Agung. Selain itu, kami juga akan melakukan pembaharuan data Hakim dan ASN sehingga dapat meningkatkan akurasi data peserta JKN antara BPJS Kesehatan dengan PN Langsa,”ungkap Doni.

Doni juga mengenalkan inovasi digital yang telah dikembangkan oleh BPJS kesehatan dalam mempermudah peserta memperoleh manfaat Program JKN. Layanan digital ini dapat diakses oleh peserta tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA) . dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

Sementara itu, Ketua PN  Langsa, Dini Damayanti, mengapresiasi BPJS Kesehatan yang berkenan menjadi narasumber dalam acara ini dan memberikan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Melalui kolaborasi dan sinergi antara BPJS Kesehatan Cabang Langsa dengan PN Langsa dapat terjalin dengan baik untuk kedepannya. Dan informasi yang disampaikan bisa memberikan kepastian serta kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan sesuai prosedur yang berlaku,” jelas Dini.

Kegiatan PIL dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari peserta kegiatan dan dilanjutkan dengan kegiatan download aplikasi Mobile JKN untuk memberikan kemudahan layanan bagi peserta JKN.(iwan)

Berita Lainnya

Index