Desa Pasi Ditetapkan Jadi Desa Hatinya PKK tahun 2023

Desa Pasi Ditetapkan Jadi Desa  Hatinya PKK tahun 2023

DAIRI l PAB Indonesia. Co. Id l--Untuk perdana di Tahun 2023, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Dairi, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu bersama tim melakukan pembinaan ke Desa Pasi, Kecamatan Berampu, Kamis (26/01/2023) di kantor kepala desa Pasi.

Berdasarkan keputusan bupati Dairi, desa Pasi ini dipilih menjadi desa Hatinya  PKK untuk tahun 2023.

Ny.Romy Mariani Eddy Berutu  dalam sambutannya menyampaikan, pemilihan desa Pasi sebagai desa hatinya PKK tentu memiliki berbagai alasan pendukung, seperti letak geografis dan merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Dairi.

Disebut, Hatinya PKK sebagai salah satu program unggulan PKK yang merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, yang merupakan bagian dari program penguatan ketahanan pangan keluarga makin memperkuat Desa  Pasi menjadi desa binaan tahun ini.

"Dengan demikian diharapkan masyarakat Desa Pasi mampu memaksimalkan halaman atau pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya," kata Ny.Romy.

Romy Mariani kembali menyebut bahwa memanfaatkan pekarangan rumah untuk kebutuhan keluarga memiliki banyak manfaat, terutama dalam upaya penurunan angka stunting juga untuk meningkatkan keasrian lingkungan.

"Melalui gerakan Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan sedemikian rupa sehingga dapat mewujudkan halaman yang tertata cantik, asri dan menyejukkan mata dengan tanaman bunga dan tanaman hijau serta dapat juga diisi dengan tanaman untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga,".

"Hendaknya halaman tidak ditamani satu jenis tanaman, namun tanami halaman rumah dengan berbagai jenis tanaman bermanfaat dan ditata dalam bentuk taman", katanya lagi.

Diakhir sambutan  menyampaikan TP PKK kabupaten dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan PUTR berusaha untuk meningkatkan program PKK di desa ini.

"Yang kita butuhkan adalah gerakan dari masyarakatnya..Semua program kita bisa tercapai, bila kita saling mendukung,"ujarnya mengakhiri

Direncanakan Desa Pasi  yang memiliki 400 KK ini akan menjadi desa tujuan pertama saat tim supervisi dari Provinsi Sumatera Utara awal Februari mendatang.

Perlu diketahui, peran Dinas Pertanian dalam program ini seperti  penyediaan bibit tanaman, PUTR akan memberi dukungan dalam pembagunan drainase dan akses jalan, sedangkan Dinas Lingkungan Hidup mengambil peran dalam pemanfaan bank sampah. Semua program ini tentunya diawali melalui pendataan.

Hadir dalam kegiatan ini, Kadis PMD, Bahagia Ginting, Kabid Ketahanan Pangan, Meri Debora Saragih, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Perwakioan Dinas PUTR, Camat Ramadayani Berampu, Kades Pasi, Masran Bako, ketua TP PKK desa, serta para anggota PKK desa. (Frank)

Berita Lainnya

Index