Terkait Rencana Pelantikan Rektor USI, dr. Palentino : Saya Tak Setuju Pelantikan

Terkait Rencana Pelantikan Rektor USI, dr. Palentino : Saya Tak Setuju Pelantikan

PEMATANG SIANTAR, (PAB)---

Pembina paling senior di Yayasan USI dr. Polentino Girsang saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (8/12/2022) mengatakan tidak setuju dilaksanakannya pelantikan Rektor USI terpilih periode 2022-2026 yang direncanakan tanggal 10 Desember 2022 mendatang.

"Saya tidak setuju dilantik," katanya menanggapi rencana pelantikan Rektor USI terpilih periode 2022-2026.

Pendiri RS Horas Insani itu menyampaikan alasan penolakannya, karena menurut Polentyno Girsang yang akan dilantik tersebut yakni Dr. SED sekarang ini sedang tersandung dugaan plagiat karya ilmiah yang kasusnya sudah dilaporkan dua lembaga peduli USI ke Polda Sumut dan ke Polres Pematang Siantar.

Polentyno Girsang yang mengaku telah mengabdi di USI selama 40 tahun ini menjelaskan, karena berdasarkan pemeriksan Tim Pencari Fakta Senat USI telah ditemukan dugaan yang kuat bahwa Dr. SED telah melakukan plagiat karya ilmiah milik Dr. Benteng Sihombing.

"Itu kapanpun tidak bisa dilantik, karena Tri Darma Perguruan Tinggi dan folosofi perguruan tinggi, yang namanya pelaku plagiat kapanpun tidak bisa itu dilantik," ujar Polentyno Girsang.

Ketika ujian feet and propertest, tanggal 11 Nopember lalu, Polentyno sebagai salah satu penguji dari 7 pembina, menanyakan kepada Dr. SED tentang syarat membuat karya ilmiah dan jurnal ilmiah sebagai dalah satu persyaratan atau jenjang kepangkatan, tapi pertanyaan ini katanya tidak dijawab Dr. SED.

Karena itu, sebagai Pembina Yayasan USI paling senior, Polentyno Girsang mengimbau agar pelantikan tidak dilaksanakan sebelum dugaan plagiat yang sudah dilaporkan dua lembaga peduli USI tersebut ke polisi, kelar dan jelas secara hukum. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index