Warga Antusias ikuti Operasi Katarak Gratis oleh Kemensos RI di RSUD Sidikalang

Warga Antusias ikuti Operasi Katarak Gratis oleh Kemensos RI di RSUD Sidikalang

Dairi, (PAB)--

Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra “INSYAF” Medan laksanakan kegiatan Operasi Katarak Gratis tanggal 3.s.d.5 Desember 2022 di Kabupaten Dairi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Bupati Dairi  menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sehingga merupakan kegiatan pertama di Indonesia  dengan angka keberhasilan 83% dengan motto Indonesia Melihat.

Dinas Sosial,Dinas Kesehatan, RSUD dan bekerjasama dengan Sentra”INSYAF” Medan yang menghadirkan Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI)  berkolaborasi melaksanakan kegiatan yang berlangsung di Gedung RSUD Sidikalang dimulai dengan Screening pada hari pertama dilanjutkan Operasi pada hari kedua dan penutupan pada hari yang ketiga.

Warga masyarakat Kabupaten Dairi yang telah mengikuti kegiatan ini sangat berterima kasih kepada Pemerintah karena sudah bisa merasakan manfaat dengan penglihatan yang sudah baik. Pada umumnya mereka sebelumnya tidak melihat dengan baik tetapi setelah dioperasi penglihatan kembali normal dan berfungsi dengan baik.

Direktur Rehabilitasi Sosial dan Lansia Kementerian Sosial turun langsung memantau pelaksanaan kegiatan dan menyerahkan Bantuan Kursi Roda secara simbolis kepada Penyandang Disabilitas. Pelaksanaan Screening dengan jumlah peserta 133 orang ,operasi katarak : 79 orang, Kacamata Optik Gratis 31 orang dan selainnya batal atau bukan katarak kepada peserta yang hadir diberikan pengganti transport.  Disela-sela kegiatan Direktur Rehabsos dan Lansia Bapak Supomo juga mengunjungi warga tidak mampu Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang yang pada bulan September lalu pernah menjadi pemberitaan viral di Sosial Media. Ibu Veronika Sinaga sangat terharu menerima bantuan sosial yang diserahkan dan Kemensos berupaya akan memberikan bantuan modal usaha  dan perbaikan rumah serta sanitasi.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Dinas Sosial Anggara Ramces Sinurat,ST dan peserta juga diberikan bingkisan sembako dan kaca mata gratis. Kegiatan ini berjalan dengan baik adalah berkat dukungan dari Bupati Dairi Dr.Eddy keleng Ate Berutu sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Dairi Mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman dengan misi membangun kualitas sumber daya masyarakat Dairi yang cerdas, sehat , berbudaya dan berdaya saing. 
Dinas Sosial Kabupaten Dairi. (Frank)

Berita Lainnya

Index