Hadiri Peringatan Harkannas ke-9, Ini Harapan Walikota Dumai Paisal

Hadiri Peringatan Harkannas ke-9, Ini Harapan Walikota Dumai Paisal

DUMAI, (PAB) ----

Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM., MARS., bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini, SKM., hadiri acara peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 Kota Dumai Tahun 2022, Senin (28/11/2022).

Acara dilaksanakan di Pangkalan Pendaratan Ikan Pelabuhan TPI tersebut diikuti lebih kurang 100 orang, terdiri dari balita stunting, perwakilan sekolah PAUD, TK Kota Dumai, perangkat daerah dan akademisi yang terlibat dalam dunia perikanan.

Adapun Harkannas ke-9 tahun ini mengusung tema “Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul”.

Pada momentum Harkannas ini, Walikota Paisal mengajak kepada hadirin untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan.

Menurutnya, selain untuk mencetak generasi unggul berkualitas sebagai calon penerus bangsa, mengkonsumsi ikan juga dapat memenuhi gizi sebagai upaya pencegahan stunting bagi anak.

"Kasus stunting di Indonesia saat ini memang masih menjadi momok. Namun yakinlah, pemerintah khususnya Pemko Dumai tidak tinggal diam. Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) akan terus kami maksimalkan," ucapnya.

Lebih lanjut, Paisal berharap dengan memaksimalkan program Gemarikan, peningkatan konsumsi Ikan dimasyarakat dapat terwujud.

"Dengan meningkatnya konsumsi ikan di masyarakat, Insya Allah tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak kita dapat optimal dan berdampak juga pada meningkatnya pemanfaatan dan pendayagunaan potensi perikanan, sehingga menjadi stimulus mewujudkan ketahanan pangan berbasis hasil perikanan," pungkasnya.

Sementara itu, Hj. Leni yang juga selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) terus mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjadikan ikan sebagai menu utama dalam keseharian.

Menurutnya, sebagai sumber protein hewani yang tinggi, ikan menjadi jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat dan baik untuk keluarga.

"Kami dari PKK bergerak bersama Forikan, terus melakukan intervensi sensitif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kadungan gizi dan manfaat ikan serta menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam mengolah ikan," tuturnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Perikanan Mukhlis Suzantri, S.Hut.T., MT., berharap melalui peringatan Harkannas ke-9 jadi momen strategis dalam rangka mendukung industrialisasi perikanan yang pada akhirnya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya Kota Dumai.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis berupa paket produk olahan ikan kepada perwakilan balita stunting, murid TK, dan murid PAUD di Kota Dumai.

Tidak hanya itu, peringatan Harkannas juga diwarnai dengan berbagai penampilan dari murid TK dan PAUD di Kota Dumai.

Turut hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Dumai, Kepala Dinas Kesehatan Dumai, Camat Dumai Barat, lurah se Kecamatan Dumai Barat, serta tamu undangan lainnya.


(Diskominfotiksan/Eliwaty)

Berita Lainnya

Index