Sepeda Motor Ditahan Oknum Perusahaan, Pekerja Sales Prima Fresh Mart Lapor Polisi

Sepeda Motor Ditahan Oknum Perusahaan, Pekerja Sales Prima Fresh Mart Lapor Polisi

MEDAN,(PAB)----

Salah seorang pekerja sebagai sales di Prima Fresh Mart Yos Sudarso Medan, Tri Widar Ningsi akhirnya lapor Polisi terkait permasalahan Sepeda motor milik sepupunya yang dipaksa diserahkan untuk disita berdasarkan permintaan oknum management PT. Prima Food Internasional (PFI), Kamis (24/11/22).

 

Ningsi  mengatakan sudah bekerja selama 11 bulan sebagai sales assisten Prima Fresh Mart dan belakangan dirinya merasa tertipu atas keputusan oknum manager management Prima Fresh Mart PT PFI yang berkantor di Jl Yos Sudarso No 88 Pulau Brayan Medan yang menuduhnya telah melakukan kesalahan atas perbuatan yang tidak dilakukannya.

Setelah pihaknya sudah berupaya menempuh cara baik untuk mendapatkan kembali haknya selama bekerja, Ningsi bersama Kuasa Hukumnya akhirnya melaporkan Manager Prima Fresh Mart, inisial JA atas tindak pidana penggelapan pasal 362 terhadap barang bukti satu unit sepeda motor milik sepupunya pada kejadian tanggal 12 Agustus 2022 dengan laporan Polisi Nomor: STTPL/B/1888/X/2022/SPKT/POLDA SUMATERA UTARA, tanggal 25 Oktober 2022 dengan kerugian Rp. 23.000 000.

Selain melaporkan JA, yang juga Karyawan PT. Prima Food Internasional, ningsi juga melaporkan masalahnya ke Dinas Tenaga Kerja Kota Medan, dan setelah melalui proses pengaduan dan mediasi maka pada tanggal 25 Oktober 2022, dalam sidang mediasi kedua, kedua belah pihak tidak mendapat kesepakatan dan secara sepihak Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan melalui Mediator HI, Uraida, SE melanjutkan perkara ke Pengadilan Hubungan Industrial di Pengadilan Negeri Medan.

Dikatakannya, sejak kesepakatan tak dicapai, pihak PT Prima Food Internasional melalui manajemen Prima Fresh Mart belum memberikan tanggapan kepada wartawan.

" Sebelumnya aku dituduh tidak setor uang penjualan, sementara aku sudah membayarnya kemudian aku dibebankan Menganti barang rusak dan hilang, karena aku takut dipecat aku pun mengiyakan tuduhan mereka dengan meminta ganti rugi maka sebagai jaminannya sepeda motor sebagai transportasi ku pun mereka minta sebagai jaminan, dan selanjutnya mereka memdesakkh untuk membayar hutang senilai lebih 5 juta, dan meminta ku untuk berhenti bekerja" kata Ningsi menceritakan awal dirinya dijebak oknum perusahaan tempat ia bekerja kepada wartawan belum lama ini.

Lanjutnya, kerugian yang dialaminya termasuk tindakan oknum manager inisial JA bersama HRD Prima Fresh Mart yang mendesak pembayaran hutang dan meminta dirinya untuk menandatangani surat pernyataan penitipan sepeda motor yang kepemilikan sepeda motor tersebut bukanlah atas namanya, dan masih kredit.

Ningsi juga mengaku sudah diminta oknum HRD PT PFI berhenti bekerja dan harus menanggung kesusahan lantaran dipaksa membayar hutang yang Ningsi sendiri tidak paham dasar jumlah hutang tersebut.

Sepeda motor yang ditahan juga sudah mempersulitnya untuk menjalani aktifitas bekerja karena tidak memiliki transportasi dan malah Ningsi di berhentikan bekerja sebelum masa kontrak berakhir.

" Kalau menurut mereka saya dikontrak selama satu tahun sementara saya bekerja masih 11 bulan dengan gaji yang belum dibayarkan pada bulan Agustus masa kerja terakhir sebelum saya diberhentikan dengan sisa gaji hanya 900 ribu dari nilai gaji saya Rp. 2 juta 8 ratus ribu pun saya bingung koq bisa segitu" ujar Ningsi belum lama ini.

Sekarang perasaan Ningsi takut dan bercampur sedih atas perbuatan oknum yang telah melanggar hak- haknya sebagai pekerja.

" Bahkan KTP saya pun mereka tahan" imbuh Ningsi dengan mata berkaca-kaca.

Sementara itu, pihak PT PFI, JA melalui utusannya Delia mengatakan akan memberikan hak jawab atas pemberitaan yang hingga berita ini tayang belum menjawab secara resmi.
 

Dilansir dari laman Web PT Prima Food Internasional, PT. Primafood International membuka salah satu cabang Prima Fresh Mart (PFM) adalah satu perusahaan retail di Indonesia. PFM merupakan anak perusahaan CP Food yang merupakan anak perusahaan Charoen Phokphan Indonesia (CPI).

Prima Freshmart adalah specialty store (toko khusus) yang menjual bahan makanan segar, olahan, dan siap dikonsumsi yang berasal dari produk ayam.

Berapa Gaji Sales Assistant di Indonesia? Gaji sales assistant rata-rata berada pada kisaran Rp6.210.000 per bulan. Untuk gaji terendah sales assistant adalah sekitar Rp3.230.000 per bulan. Sedangkan gaji tertinggi yang bisa didapatkan kurang lebih adalah Rp9.510.000 per bulan.(Evi/tim)

Berita Lainnya

Index