Mykuta Segera di Launching, Ini Kegunaannya Layanannya untuk Masyarakat

Mykuta Segera di Launching, Ini Kegunaannya Layanannya untuk Masyarakat

Sidikalang, (PAB)-- - 

Untuk memaksimalkan pelayanan Pemerintah berbasis digital, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi rutin melakukan rapat pembahasan tentang aplikasi desa digital (Mykuta) kepada camat dan 15 desa pilot project Mykuta.

Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Dairi Aryanto Tinambunan, Kamis (17/11/2022) saat rapat aplikasi Desa Digital di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Dairi.

Aryanto Tinambunan menyebut, setelah melakukan beberapa kali sosialisasi kepada seluruh desa pilot project Mykuta, camat serta OPD terkait, aplikasi Mykuta akan segera di launching dalam waktu dekat.

"Setelah dilaunching, masyarakat sudah bisa menikmati layanan ini. Dengan adanya Mykuta ini, kita berharap Dairi bisa memaksimalkan pelayanan pemerintah melalui era digitalisasi yang disebut dengan Mykuta ini,” Ujarnya.

Ditambahkannya, konsep Digitalisasi ini juga sesuai dengan program Pemerintah Dairi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi.

“Program ini merupakan prioritas pembangunan bapak Bupati Dairi, Dr Eddy keleng Ate Berutu meminta hal ini segera diwujudkan di setiap desa. Jadi masyarakat terlayani dengan baik dan hal ini salah satu Gerakan untuk mewujudkan perubahan menuju Dairi unggul. Untuk itu, kami mengundang bapak/ibu, sebagai pilot project dalam program Mykuta ini, dimana nanti setelah di launching Bapak/ibu bisa menggunakan layanan digital administrasi desa yang cepat, mudah dan transparan melalui aplikasi Mykuta ini,” Katanya

Selanjutnya, Aryanto Tinambunan menyebut, walau saat ini yang menjadi pilot project Mykuta masih 15 desa, namun ia berharap desa yang terpilih ini dapat menularkan hal positif kepada desa lain.

Aryanto juga meminta kepada pihak yang ikut serta dalam program Mykuta ini untuk selalu menerapkan  Peraturan Bupati (Perbup) Dairi Nomor 35 Tahun 2022 tentang pedoman pengembangan desa/kelurahan.

"Mari berikan contoh kepada desa lain tentang kemudahan pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat dengan adanya Mykuta ini serta, kita harus tetap patuhi Perbup Dairi Nomor 35 Tahun 2022 yang isinya sudah disosialisasikan kepada bapak/ibu semua," ucapnya.

Aplikasi MyKuta ini nantinya berbasis web dan mobile phone (Android) dengan beberapa fitur layanan di dalamnya yaitu kemudahan dalam pengajuan Surat Keterangan (Suket), Website Desa, Pasar Desa dan Sapa Kades.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadis PMD Dairi, Bahagia Ginting, seluruh Camat Kabupaten Dairi serta 15 Kades yang desanya terpilih menjadi pilot project Mykuta. (Frank)

Berita Lainnya

Index