PTPN III (Persero) Komit Bangun Kebun Plasma Muara Opu.

PTPN III (Persero) Komit Bangun Kebun Plasma Muara Opu.

Tapanuli Selatan, (PAB)--

Investasi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tidak hanya untuk dinikmati para pelaku usaha saja, akan tetapi, keberadaan perusahaan perkebunan juga harus dinikmati masyarakat disekitarnya. Hal itu pun diwujudkan melalui program kebun plasma yang merupakan kemitraan perusahaan perkebunan dengan masyarakat melalui koperasi.

Demikian halnya tentang rencana pembangunan kebun plasma Muara Opu Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan oleh PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III Persero).

"Program yang sudah direncanakan sejak tahun 2012  itu, segera dilakukan pembangunannya ", kata Jonni Silitonga, SH.,MH. Konsultan Hukum PT. PTPN III (Persero) kepada TRIBRATA TV, Selasa (22/11/2022) di kantor Bupati Tapanuli Selatan di Sipirok.

"Belum terbangunnya kebun plasma Muara Opu dari tahun 2012 di Kabupaten Tapanuli Selatan hingga sekarang dikarenakan pencanangan lahan untuk lahan perkebunan  plasma masyarakat  Koperasi Sawit Sejahtera (KSS) yang semula di muara Opu berpindah lahan di Desa Batu Horing," tambah Jonni Silitonga.

Menurutnya masalah lahan yang diperuntukkan sebagai kebun plasma sudah  dibicarakan dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan. "Hari ini kita sudah bicarakan sekaligus menindaklanjuti surat Bupati Tapanuli Selatan No. 525.26/4169/2017, tanggal 4 Juli 2017  perihal: pencanangan lahan perkebunan  plasma di Desa Batu Horing segera diproses," tandasnya.

Jonni juga menambahkan bahwa, pemerintah daerah Kabupaten Tapanuli Selatan  bersedia dan berkenan mengkoordinasikan serta "menstrukturisasi" Koperasi Sawit Sejahtera yang memiliki legal standing mengikatkan diri dalam  perjanjian dengan PTPN 3 untuk proses perkebunan plasma.

Pemkab Tapanuli Selatan diwakili Asisten 1,  Zen Harahap menyambut baik kehadiran  Konsultan Hukum  PTPN III dan rombongan. Ia menyatakan segera  menjadwal ulang pertemuan dengan pihak PTPN III (Persero) untuk melaksanakan pembangunan  perkebunan plasma tahun 2023.

Sementara ditempat yang sama, Asfian Nasution selaku manager PTPN III Kebun Batang Toru yang hadir bersama Konsultan Hukum  mengatakan PTPN III tetap memiliki itikad baik dan berkomitmen membangun perkebunan plasma di Batang Toru.

"Kita tetap berkomitmen membangun perkebunan plasma di Batang Toru, agar masyarakat sekitar juga meningkat kesejahteraannya," tegasnya (.    )

Berita Lainnya

Index