Sensus Pertanian 2023 Kota Dumai Dibuka Sekda Indra Gunawan

Sensus Pertanian 2023 Kota Dumai Dibuka Sekda Indra Gunawan

DUMAI, (PAB)---

Bertempat Ballroom hotel The Zury Walikota Dumai H Paisal, SKM., MARS., diwakili Sekda H Indra Gunawan, SIP., .M.Si., buka secara resmi sosialisasi Sensus Pertanian 2023 (ST 2023) dan Penyelenggaraan Kegiatan Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) Kota Dumai 2022, Selasa (22/11/2022)

Lewat sosialisasi, Sekda Indra Gunawan berharap agar petugas kelurahan dan kecamatan bisa berkoordinasi dengan baik terhadap petugas BPS yang akan memasuki wilayah kerja di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Selain tuan rumah Kaban BPS Drs Morhan Tambunan , M.Si., dan Sekda Indra Gunawan, turut hadir Kadis Diskominfotiksan, Kepala Bappeda Litbang, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kadis Perikanan, Kabag Pemerintahan, Kabag Perekonomian serta Kabag SDA. Turut serta hadir 54 orang dari Lurah dan Camat serta petugas lainnya.

Kaban Morhan Tambunan targetkan pembinaan statistik tiap kelurahan dan tiap kecamatan menjadi desa Cantik, pada tahun 2023, di dukung Bappeda Dumai. Dan desa Cantik tersebut telah di anggarkan dalam APBD 2023.

Hal tersebut terungkap saat sambutan Morhan Tambunan.

"Acara hari ini terselenggara sesuai anggaran Dipa BPS Dumai tahun 2022," pungkas Morhan Tambunan.

Sektor pertanian merupakan sektor yang tahan terhadap hantaman krisis ekonomi saat Pandemi Covid-19 lalu. "Sektor pertanian merupakan sektor yang dapat memberi kontribusi perekonomian nasional. Di Kota Dumai pada tahun 2021, sektor pertanian memberi kontribusi PAD sebesar 3,97%," sambutan Walikota Paisal dibacakan Indra Gunawan.

Mengingat hal tersebut, sangat diperlukan ketersediaan data sektor pertanian yang akurat dan terkini yang dapat digunakan sebagai acuan pemerintah maupun stakeholder, dalam merencanakan maupun merumuskan kebijakan, baik untuk kepentingan internal maupun kepentingan nasional.

"ST 2023 merupakan ST yang ke tujuh sejak 1963. ST 2023 merupakan perwujudan satu data pertanian seluruh Indonesia sesuai amanat Perpres No: 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia," tutup Indra Gunawan.

Selanjutnya, setelah acara di buka Sekda Indra Gunawan, 2 orang narasumber berikan materi kepada peserta, diisi tanya jawab.

Kedua narasumber adalah Kadis Kominfotiksan dan Ka Bappeda Dumi.


(Elywati)

Berita Lainnya

Index