Menteri Pertanian Lepas Ekspor Komoditas Senilai Rp3,7 triliun

Menteri Pertanian Lepas Ekspor Komoditas Senilai Rp3,7 triliun

Dumai, (PAB) ----

Bertempat dipelabuhan Pelindo  di Dermaga C Pelabuhan Dumai, Menteri Pertanian (Mentan) melepas ekspor komoditas senilai Rp3,7 triliun tujuan 35 negara, Senin (21/11/22).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Karantina Pertanian RI, Bambang, staf ahli Mentan, Balai Karantina Riau, Wako Dumai H Paisal, Kajari Dumai Agustinus HM, Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismaini, Polri/TNI, Bea Cukai, Imigrasi serta perwakilan perusahaan eksportir sawit.

Penglepasan ekspor tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine, serta penyerahan sertifikat kepada perusahaan eksportir.

Mentan melalui Kepala Balai Karantina Pertanian RI, Bambang menegaskan bahwa pihaknya dipercaya mengkoordinir ekspor komoditas pertanian. Khusus untuk wilayah Riau komoditas sawit menjadi primadona, dengan pelabuhannya berada di Dumai.

“Periode bulan ini untuk wilayah Riau kita mengeskpor komoditas sawit senilai Rp3,5 triliun. Dengan tujuan 33 negara,” ujarnya.

Dilanjutkannya, untuk wilayah Riau sawit tetap menjadi primadona. Namun, tidak tertutup kemungkinan komoditas sawit bisa dikembangkan dalam negeri sebelum diekspor.

“Untuk pakan ternak, parfum, bahkan untuk obat-obatan juga bisa dikembangkan dari komoditas sawit,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh elemen dan stakeholder untuk saling mendukung, guna meningkatkan kuantitas dan kualitas ekspor.

“Kami dari karantina dituntut untuk mengoptimalkan kualitas produk impor. Siapa pun yang hendak melakukan ekspor, silahkan menghubungi pihak karantina pertanian. Akan diberi kemudahan,” tutupnya

 

 Eliwaty

 

--
Kirim dari Fast Notepad

Berita Lainnya

Index