TTG Tingkat Nasional 2022, Kepri Raih Juara II Kategori Unggulan

TTG Tingkat Nasional 2022, Kepri Raih Juara II Kategori Unggulan

Cirebon, PAB---
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berhasil membawa temuan alat ‘Sistem Penyaring Air Kubangan Bekas Tambang Bouksit untuk Budidaya Ikan Teknologi Bioflok Ramah Lingkungan di Kota Batam’ menjadi juara II di ajang lomba Teknologi Tepat Guna(TTG) Nasional untuk kategori Unggulan tahun 2022. 

Atas pretasi untuk temuan teknologi ini, Sujianto selaku inovator, didampingi  kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD dan Dukcapil) Provinsi Kepulauan Riau  Misni SKM., M.Si  menerima Piagam Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, DR.(HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd pada Pembukaan Gelar TTG Nasional ke XXIII bertempat di Ball Room Aston Hotel Cirebon Jawa Barat, Rabu lalu (19/10)..

Alat TTG Unggulan hasil inovasi Sujianto ini berkompetisi dengan 16 utusan Provinsi se Indonesia pada tanggal 19 hingga 23 September, dan akhirnya berhasil mendapat juara II. Kepri berada diurutan II, bread dibawah Provinsi Lampung yang mendapat juara I dan Provinsi Kalimantan Utara mendapatkan peringkat III. Selanjutnya Provinsi jawa Tengah  mendapat juara harapan. 

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan Bahwa Gelar TTG Nusantara merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna, sekaligus ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajauan ekonomi masyarakat, khususnya di desa. 

“Kita berharap agar hasil dari lomba TTG di Tingkat nasional ini dapat terus dibina di daerah masing-masing  untuk  pengembangan usaha ekonomi masyarakat / UMKM dan BUM Desa sehingga dapat berdampak lebih luas kepada pengembangan perekonomian masyarakat desa,” katanya.

Sementara itu,  Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad berkomitmen akan terus mendorong para inventor/innovator untuk menemukan teknologi baru, guna memudahkan masyarakat diwilayah desa/kelurahan. Disamping itu pemerintah provinsi kedepannya juga akan melakukan upaya pemanfaatan dan mereplikasi teknologi tepat guna sebagai TTG Unggulan agar dapat  memberikan nilai tambah dalam pemanfaatannya. (Red)

Berita Lainnya

Index