Bupati Dairi Pimpin Apel Pagi di Dinas Dukcapil Dairi

Bupati Dairi Pimpin Apel Pagi di Dinas Dukcapil Dairi

Sidikalang, (PAB)-- 

 Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pimpin apel pagi bersama seluruh pejabat dan jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, dilobby Dinas Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Senin (03/10).

Bertindak sebagai pembina apel pagi Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, pemimpin apel Kadis Dukcapil Deddy Situmorang, SE, M.Si, protokol/mc Yohanna Ketaren, SE, membaca Doa Agus Rajagukguk, A.Md.

Hadir dalam apel pagi tersebut Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Sekdis Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Naiborhu, S.Sos, Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH, Kabid PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom, para pejabat fungsional, seluruh staf dan siswa siswi yang melaksanakan praktek kerja industri di Dinas Dukcapil.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam arahanya mengatakan bahwa beberapa saat yang laku, tepatnya 14/09 yang lalu, telah dibahas bersama capaian kinerja Dinas Dukcapil Dairi Semester pertama Tahun 2022, dimana secara umum kinerja Dinas Dukcapil sudah baik dan sudah memperlihatkan manfaat dan hasilnya ditengah-tengah masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Dinas Dukcapil dalam mendukung perwujudan Dairi Unggul melalui pelayanan dokumen adminduk warga. Selama ini, permasalahan dokumen adminduk ini menjadi masalah yang besar bagi warga. Bagaimana dia bisa mendapatkan layanan seperti menerima bantuan KUR, puput, bibit, BPJS, mendaftar sekolah, apabila dokumen adminduknya tidak”, tutur Bupati Dairi dihadapan seluruh pejabat dan staf Dinas Dukcapil yang hadir dengan penuh semangat.

Program Unggulan ini harus terus kita jalankan secara konsisten dengan penuh komitmen agar Masyarakat Dairi benar-benar merasakan perubahan pelayanan yang diberikan pemerintah kepada warganya.

Dia juga mengajak seluruh jajaran Dinas Dukcapil untuk terus bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada warga melalui berbagai program yang telah dijalankan, seperti pelayanan jemput bola ke desa-desa, rekam KTP-el bagi pemula di SMA/SMK sederajat, rekam KTP-el bagi warga rentan adminduk seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, lansia, tunas susila, warga binaan dan lainnya.

“Penyerahan akta perkawinan ke gereja-gereja harus terus dilakukan. Kerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) se – Dairi, Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Negeri juga harus terus dijalin dengan baik. Program tuntas adminduk ke seluruh Desa se – Dairi untuk terus dilaksanakan”, katanya 
Penggunaan apllikasi perkebbas dalam melayani warga secara online harus tetap dikawal agar berjalan dengan lancar. Mohon disesuaikan dan dikembangkan dengan kebutuhan masyarakat agar lebih baik dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada warga.

“Hari ini saya juga akan menyerahkan penghargaan kepada pegawai terbaik Dinas Dukcapil bulan September 2022. Diharapkan dapat memotivasi seluruh pejabat dan pegawai untuk menjadi terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menningkatkan disiplin, tanggung jawa dan kinerjanya”, ungkap Doktor Eddy Berutu dengan senyum.

Sementara itu, Alpian, Pegawai Dukcapil Dairi yang ditetapkan sebagai Pegawai Terbaik Dinas Dukcapil Dairi Bulan September 2022 mengaku bangga dan gembira atas penghargaan yang lagsung diserahkan Bupati Dairi dalam momen apel pagi.

“Sungguh anugerah dan berkat yang luar biasa saya terima hari ini, mendapat piagam penghargaan dari Bupati Dairi sebagai pegawai terbaik di Dinas Dukcapil sehingga memberikan semangat untuk bekerja lebih baik dan maksimal lagi dalam memberikan pelayanan kepada warga khususnya dalam mempercepat penerbitan dokumen adminduk” sebut Alpian dengan bahagia sembari memeluk piagam penghargaan yang diperoleh dari orang nomor satu di Kabupaten Dairi. (Frank)

Berita Lainnya

Index