MAN 1 Dumai Gelar Parade Tasmi Quran

MAN 1 Dumai Gelar Parade Tasmi Quran

Dumai, (PAB )--

bertempat di mesjid darul Ilmi madrasah Aliyah negeri 1 Dumai diadakan kegiatan Tasmi hapalan juz 30,1 dan 2.

Program mengujutkan agar siswa bisa menjadi anak yang bisa hapalan dari juz Alquran tersebut

Dalam rangkaian kegiatan acara ini  yang hadir Kepsek Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai ,lurah ,Camat ,Komite Sekolah ,dan Majlis Guru serta siswa sekolah madrasah Aliyah Negeri 1Dumai,Kemenak Dumai,serta KUA Dumai Selatan

Madrasah Aliyah negeri 1Dumai melaksanakan Parade Tasmi' Qur'an.
Program unggulan sekolah madrasah Aliyah negeri 1Dumai  diantaranya adalah Tahfiz Alquran

Dalam sambutan dari kepala sekolah madrasah Aliyah negeri 1Dumai menyampaikan.

Puji dan syukur kita haturkan ke hadhirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan berbagai kenikmatan, khususnya nikmat iman dan Islam. Shalawat dan salam senantiasa tercurah untuk Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan umatnya sampai akhir jaman. Aamiin ya Allah ya Robbal ‘alamiin.

Al-Quran merupakan mukjizat terbesar. Siapa saja orang yang mendekatinya maka ia akan memperoleh banyak keberkahan, hidayah, dan cahaya.

Allah Ta’ala menyampaikan kepada kita bahwa Al-Quran mudah untuk dihafal. Hal itu termaktub di dalam Al-Quran Surat Al-Qomar ayat 17, 22, 32, dan ayat 40:

“Dan sungguh telah Kami mudahkan Al-Quran untuk peringatan (dihafalkan), maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (QS. Al-Qamar, 54:17, 22, 32, 40

Bagi MAN 1 Dumai Tahfidz Alquran tidak hanya menfokuskan santrinya bagaimana mencetak para hafiz Quran. Namun yang tak kalah pentingnya, apa yang akan mereka lakukan setelah mereka menjadi hafiz Quran?”.

Kehadiran program unggulan tahfidz Al Qur'an ini berfungsi sebagai program yang akan mengkoordinasi siswa siswi untuk menghafal Alquran agar nantinya tidak patah dan berhenti di tengah jalan serta berusaha menjadikan mereka yang menghafal Al Quran mempunyai akhlak al Quran. Untuk itu menciptakan metode meghafal al Quran yang mudah dan adanya guru atau muallim yang bisa menjadi contoh teladan bagi santri MAN 1 menjadi keniscayaan,dalam hal ini tak lupa ucapan

Terimakasih  Smy Royhan S. Sos. Al Hafiz.Arif Sufirman Lc. Al Hafiz.
M. Jufri S.Pd.

Satu harapan besar nantinya adalah sekolah madrasah Aliyah Negeri1Dumai mampu melahirkan generasi al Quran yang menghafal dan berprilaku al Quran, menjadi cahaya yang berjalan ditengah ummat sebagai pelopor pembangunan negeri menuju Negara yang baldatun thaibatun wa rabbun ghafur.

Semoga program ini bisa menjadikan.
Sekolah madrasah Aliyah negeri 1Dumai menjadi  lebih baik lagi kedepannya.


Yang mana program hafalan Alquran dijadikan mata pelajaran wajib dalam kurikulum disekolah tersebut dan siswa wajib mengikuti nya .

Jadwal kegiatan hapalan Tahfiz Al-Qur'an ini  2 jam pelajaran,wajib diikuti oleh siswa madrasah Aliyah negeri 1Dumai.

Pada Rabu, 21September2022 dilaksanakan kegiatan hafalan qur'an atau tasmi' quran sebanyak 7 orang  siswa yang mengikutinya,hafalan juz 30, juz 1, dan Juz 2.
Siswa yang mengikuti Tasmi Al-Qur'an diantaranya

1. Fazli Maula fathi  juz 30
2. M. Afit Nurzaman juz 30
3. Dinda Fitriyani juz 1
4. Kirana Febriani  juz 1
5. Hakim Agung Laksamana juz 30
6. Ade Syahra  juz 2
7. Nur Halimah juz

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan, sebagai wadah untuk siswa menampilkan hafalannya. Pelaksanaannya dengan cara siswa tampil satu persatu memperdengarkan hafalannya siswa lain menyimaknya

Adapun untuk bekal siswa dikemudian hari apa bila siswa tamat dari sekolah madrasah Aliyah negeri 1Dumai ada bekal untuk kedepan nya  kepala Madrasah Aliyah negeri 1Dumai menyampaikan kepada siswa.
tamat dari man Dumai siswa memiliki hafalan minimal 5 juz kalau lewat 5 juz lebih baik.
Ungkapan nya

Acara berjalan dengan lancar diikuti sesi foto bersama dan

 

Eliwaty

Berita Lainnya

Index