Pendampingan untuk Meningkatkan Produksi Jagung

Pendampingan untuk Meningkatkan Produksi Jagung

Dairi, (PAB)--

Hari Sabtu lalu, saya turun ke Kecamatan Tanah Pinem. Di sana saya bertemu dengan kepala desa dan kelompok tani. Seperti biasa, saya menyempatkan bertegur sapa dengan masyarakat dan kelompok tani.

Saya turun ke Tanah Pinem sekaligus menyerahkan bantuan alat-alat pertanian dan benih jagung hibrida. Saya menyampaikan kepada petani, bantuan ini adalah sebagai komitmen pemerintah mendorong kesejahteraan masyarakat Dairi.

Saya sangat senang sekali bisa menyerahkan bantuan bibit jagung karena memang ini adalah masuk ke jadwal musim taman kedua jagung.

Perlu saya sampaikan, tahun 2021 produksi jagung meningkat 21 persen atau sebesar 278 ton. Produksi itu meningkat dikarenakan jumlah lahan yang juga meningkat.

Dalam RPJMD kita, Pemerintah Dairi merencanakan ada penambahan 5000 hektar lahan untuk penanaman jagung. Dan saat ini sudah mencapai 2500 hektar.

Dalam 2 tahun ini kita menargetkan 2500 hektar lagi. Untuk mengejar itu tentunya dibutuhkan ada kombinasi dari cara bercocok tanam, pendampingan yang kuat supaya produktivitasnya meningkat.

Perlu saya sampaikan situasi pertanian kita saat ini memang perlu menjadi perhatian bersama yaitu soal kelangkaan pupuk subsidi. Sebenarnya persoalan ini tidak hanya terjadi di Dairi tetapi di kabupaten lain.

Terkait persoalan pupuk bapak Dirjen Kementerian Pertanian bapak Ali Jamil sudah turun langsung datang ke Parbuluan untuk menjelaskan terkait kelangkaan ini. Namun upaya dilakukan pemerintah dengan menyediakan Kredit Usaha (KUR). Bantuan ini akan jauh lebih membantu petani karena bunga yang lebih ringan. Untuk kami ditugaskan untuk mensukseskan KUR ini.

Di Dairi kami ditugaskan untuk mensukseskan program KUR klaster jagung dan kopi. KUR ini tentunya dengan bunga yang mudah dan tanpa agunan. Program ini dianggap mampu untuk mengatasi persoalan permodalan dan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk subsidi. Saya kira ini adalah wujud komitmen pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat petani.

Untuk mensukseskan pemerintah sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat. (Frank)

Berita Lainnya

Index