Tim TPPS Labuhanbatu melaksanakan rembuk Stunting di Kecamatan Panai Hulu.

Tim TPPS Labuhanbatu melaksanakan rembuk Stunting di Kecamatan Panai Hulu.
Photo : Pelaksanaan rembuk Stunting di Aula kantor Camat Panai Hulu (Thamrin Nasution)


LABUHANBATU ( PAB) 
Ketua Tim Penanganan Penurunan Stunting Kabupaten Labuhanbatu diwakili oleh Jabatan Fungsional Perencana Ahli Muda BAPPEDA Nova Lindawati Ginting.S.ST.pada acara penanda tanganan komitmen bersama Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting dilaksanakan di Aula Kantor Camat Panai Hulu, Kamis (28/07/2022)

Menurut Nova rembuk untuk penurunan angka Stunting itu penting, karena segala sesuatu terkait Stunting mulai dari perawatan usia remaja, ibu hamil dan melahirkan dapat kita cari jalan keluarnya disini.

Adapun tujuan dilakukannya rembuk ini diantaranya untuk menyampaikan hasil analisis situasi rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan Stunting terintegrasi, mendeklarasikan komitmen Pemerintah Daerah menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan Stunting terintegrasi, ucap Nova Lindawati Ginting S.ST.

Stunting atau sering disebut dengan Kerdil atau pendek adalah gagal tumbuh pada anak usia dibawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi yang berulang terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan ( HPK) Penanganan Stunting merupakan Program Nasional yang harus ditanggapi secara bersama atau Konvergensi, Pemerintah sangat antusias dalam menangani kasus Stunting ini, semua dapat terlihat dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 dengan salah satu agenda yang harus kita laksanakan yaitu percepatan penurunan angka Stunting, sebut Nova.

Kepada Manejer PTP.Nusantara IV kebun Ajamu, diharapkan agar pihak Perkebunan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk pemenuhan hak Stunting diantaranya penyediaan sarana kesehatan, dan alat tinggi ukur badan Antropometri.

Manejer PTP. Nusantara IV kebun Ajamu Ismail.SP. mengatakan, Siap bersinergi dengan Pemkab Labuhanbatu untuk penurunan angka Stunting, di kebun Ajamu juga telah mempersiapkan Pos Kesehatan Kebun dan untuk alat ukur badan, tolong buatkan profosalnya biar kami lanjutkan kekantor Direksi, sebutnya

Kepala Bidang Kesejahteraan Keluarga Dinas P2KB Labuhanbatu Hj.Farida Yunani.SE mengatakan, Saat ini langka untuk menurunkan Stunting, sudah kita lakukan dari hal sekecil mungkin mulai dari persyaratan catin hingga pembentukan Tim TPPS di setiap Desa.

Camat Panai Hulu melalui Stafnya Ardi Dalimunthe menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Labuhanbatu yang telah memberikan pemahaman kepada Masyarakat Panai Hulu,semoga materi yang diberikan hari ini menjadi ilmu dan pemahaman kami sebut Ardi.

Di Kecamatan. Panai Hulu ada Tujuh Desa dengan satu lokus yakni Desa Teluk Sentosa sebagai langkah tindak lanjut Pemerintah Kecamatan Panai Hulu akan berkoordinasi dengan seluruh lapisan Pemerintahan Kecamatan hingga ke Dusun-dusun termasuk mensosialisasikan apa itu Stunting.

Acara ini turut hadir Unsur Forkopimca Panai Hulu, Kader PKK, Kader Posyandu, KNPI, Karang Taruna, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Penulis, Thamrin Nasution

Berita Lainnya

Index