Lima Kepsek SMA/SMK di Siantar-Simalungun Disertijabkan

Lima Kepsek SMA/SMK di Siantar-Simalungun Disertijabkan

PEMATANGSIANTAR, (PAB)---

Lima Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Cabang Dinas (Cabdis) Pematangsiantar mengikuti serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) James Andohar Siahaan di aula SMK Negeri 1 Pematangsiantar, Jalan Bali, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar.

Sebelumnya ke lima kepala sekolah tersebut telah di lantik Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada Selasa 5 Juli 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin.

“Sesuai dengan surat keputusan (SK) yang sudah ditandatangani kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara, ada lima orang kepala sekolah yang mengikuti sertijab hari ini, dimana sebelumnya telah dilantik Gubsu,” kata Kacabdis Siantar, James Andohar Siahaan.

Adapun nama-nama kepala sekolah yang sertijab, terang James adalah Zulpan menjadi kepala SMAN 1 Dolok Batu Nanggar menggantikan Karnaly Saragih. Janurita Panggabean menjadi kepala SMAN 1 Huta Bayu Raja menggantikan Eli Pangaribuan. Torang Saruksuk menjadi kepala SMAN 1 Silimakuta menggantikan Hatdin Situmorang. Janner Manullang menjadi kepala SMKN 2 Pematangsiantar menggatikan Bintang Tumanggor.

Dan M. Syahrizal Damanik dikukuhkan tetap menjabat sebagai kepala SMKN 1 Siantar. Dimana pada sebelumnya M.Syahrizal Damanik menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala SMKN 1 Siantar dan kini beliau resmi definitif Kepala SMKN 1 Siantar.

“Jadi saat ini ada tiga sekolah negeri yang kosong kepala sekolahnya  yakni SMKN 1 Pematangsiantar, SMAN 3 Pematangsiantar dan SMAN 2 Bandar. Nantinya ketiga sekolah tersebut dijabat oleh Plh dulu menunggu petunjuk dari kepala dinas pendidikan provinsi”kata James.

Menurut James bahwa ini merupakan awal bagi kepala sekolah yang baru untuk dapat meningkatkan hasil yang telah dicapai pada tahun kepemimpinan kepala sekolah lama. Ia berharap agar semua progres dan kendala di tahun kepemimpinan kepala sekolah lama akan bisa diperbaiki pada tahun kepemimpinan kepala sekolah baru.

“Ada beberapa program yang harus difokuskan, seperti pada SMK, sesuai dengan program Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut yang baru, Asren Nasution, yakni SMK harus Fokus punya produk keunggulan,” ujarnya.

Dari produk unggulan ini nanti, sambung James, akan menjadi suatu icon daripada sekolah itu sehingga bisa mempunyai nilai lebih dari sekolah yang lain. Sebab SMK itu diciptakan untuk memproduksi anak- anak yang handal dan siap bekerja.

Lebih lanjut, ucap James, hal serupa juga pada SMA. Dimana anak-anak yang sekolah disini akan diprioritaskan untuk peningkatan okupansi masuk ke perguruan tinggi negeri. Salah satunya dengan menciptakan strategi baru yakni membuat kelas-kelas unggulan.

“Saya berharap siapa saja yang menjadi Kepala Sekolah, dapat terus memajukan sekolah yang ada di Cabdis Pematangsiantar, menjadi sekolah yang tidak lelah menciptakan prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik,” harapnya. ((MS/Red)

Berita Lainnya

Index