Festival Bakar Tongkang 2022 Akan Digelar di Lubuk Pakam

Festival Bakar Tongkang 2022 Akan Digelar di Lubuk Pakam

Medan, (PAB)--


Pengurus Kelenteng Ling Shen Miao akan menggelar Festival  Bakar Tongkang 2022 selama dua hari, di Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang.

Dalam kegiatan yang dimulai pada 20 hingga 21 Agustus mendatang, ditargetkan akan dihadiri sekitar 2.500 umat.

Ketua panitia Festival Bakar Tongkang 2022, Edy Wiyanto / Edy Ong didampingi pengurus kelenteng Paidjan dan lainnya, dalam siaran persnya di Medan, Kamis (14/7), menyebutkan rangkaian kegiatan ini diisi dengan Ritual Doa, Atraksi Spiritual, Pawai Spiritial, Bakar Kapl Tongkang dan lainya serta ada Makan bersama.

Menurut Edy, kegiatan yang dilaksanakan pengurus Kelenteng Ling Shen Miao ini bertujuan untuk menghidupkan kembali Tradisi Leluhur yang sudah sejak 40 tahun silam terhenti.

Program ini sesuai dengan tema acara "Melestarikan Tradisi Leluhur". Untuk kegiatan awal Sabtu 20 Agustus akan digelar sembahyang leluhur dipimpin Sai Kong / Spiritual yang bernama Eng Lai.

Sedangkan puncak Acara berlangsung pada Minggu 21 Agustus 2022, melalui pembakaran replika Tongkang di tepi sungai Jalan Setia Budi Lubuk Pakam, adapun ukuran Tongkang yang dipersiapkan panjangnya 8 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3 meter.

Namun sebelum menuju lokasi pembakaran tongkang, terlebih dahulu dilakukan arak-arakan Tatung seperti yang pernah digelar di Singkawang, Kalimantan Barat.

Pawai jalan bersama membawa replika tongkang tersebut, akan melintasi rute perjalanan dari kelenteng dengan berkeliling kota, hingga akhirnya menuju ke kawasan Bendungan Sungai Serdang.

"Nantinya replika Tongkang akan dibakar di tepi sungai Jalan Setia Budi kawasan Lubuk Pakam,"kata Edy seraya mengajak warga akita Medan dan Deliserdang sekitarnya untuk turut berbaur menyemarakkan kegiatan ini," ucapnya, Kamis (16/07/2022) di Sekretariat Festival Bakar Tongkang 2022 
Jln. Wahidin No. 259-D ( Simp. Jln. Jurung )

PANITIA FESTIVAL : Pengurus Kelenteng Ling Shen Miao, Paidjan bersama pengurus lainnya dan  Panitia Festival Bakar Tongkang 2022, yang diketuai Edy Wiyanto, melakukan persiapan pagelaran Festival Bakar Tongkang 2022 yang akan diadakan di Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang. (Hermanto)

 

 

Berita Lainnya

Index