WAKIL BUPATI PAKPAK BHARAT TERIA AUDENSI IAKN TARUTUNG

WAKIL BUPATI PAKPAK BHARAT TERIA AUDENSI IAKN TARUTUNG

Pakpak Bharat, (PAB)--

Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd menerima Audensi pihak Institut Agama Kristen Neger (IAKN), tarutung di Aula Bale Sada Arih, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat (01/07/2022).

 Kedatangan rombongan IAKN Tarutung yang dipimpin langsung Rektor IAKN Tarutung, Prof.Dr.Ir. Albiner Siagian, M.Si ini sekaligus untuk menyerahkan puluhan mahasiswa IAKN Tarutung yang akan melakukan Kulih Kerja Nyata di Kabupaten Pakpak Bharat. Wakil Bupati dalam acara ini turut didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM, serta beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Camat dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Selamat datang di Kabupaten Pakpak Bharat, kehadiran kalian semua tentunya akan sangat membantu kami disini, para mahasiswa yang tentunya masih punya semangat dan kemapuan yang tinggi dan mumpuni yang pasti akan sangat kami butuhkan dalam membangun Kabupaten tercinta ini.

 Kami disini sangat banyak mendorong perubahan, salah satunya dengan melalui intervensi ilmu pengetahuan dan teknologi, dan oleh karena itulah kami sangat menyambut baik pelaksanaan KKN ini, ucap Wakil Bupati dalam arahannya.
Wakil Bupati juga mengungkapkan beberapa potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Pakpak Bharat yang bahkan telah dikenal sampai mancanegara sejak berabad-abad yang lalu.


Tanah Simsim dimana Kabupaten Pakpak Bharat berdiri saat ini sesungguhnya sudah dikenal dunia sejak dahulu kala, adalah kayu kapur, kemenyan, minyak umbil, damar dan lainnya yang menjadi incaran para pedagang dunia yang datang mealui pelabuhan barus kala itu, kayu kapur ini sampai saat ini masih sangat banyak kita temui khususnya di hutan Pagindar, disamping itu juga kita memiliki objek wisata alam berupa air terjun yang banyak sekali ditemui disini, ada juga situs kuno berupa mejan dan makam tua, dan banyak lagi yang tentunya akan menjadi sebuah potensi kemajuan yang besar bial kita kelola dengan baik, ungkap Wakil Bupati kemudian.


Sementara itu Rektor IAKN Tarutung, Prof.Dr.Ir. Albiner Siagian, M.Si mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat yang dengan tangan terbuka bisa mengakomodir pelaksanaan KKN mahasiswa IAKN Tarutung di wilayah ini.


Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat atas kesediaannya menerima kami, memberi ruang dan kesempatan bagi mahasiswa kami untuk mengabdi dan menimba ilmu disini, kami tentunya akan berusaha untuk berkontribusi dalam pembangunan Pakpak Bharat, dan untuk tujuan itu kami telah bekali para mahasiswa ini dengan berbagai pengetahuan dasar tentang Kabupaten ini, ungkap Prof.Dr.Ir. Albiner Siagian, M.Si dalam sambutannya.


Kami titipkan anak-anak kami ini, untuk bekerja dan mengabdi disini, kami mohon bimbingan dari bapak dan ibu sekalian, ajar dan binalah mereka supaya lebih mengenal Pakpak Bharat ini, mengenal adat budayanya, masyarakatnya serta dapat berkontribusi aktif dalam membangun Kabupaten ini.
Puluhan mahasiswa ini akan disebar dibeberapa Desa dan Kecamatan se Kabupaten Pakpak Bharat. Mereka direncanakan akan melaksanakan program KKN ini selama dua bulan kedepan.


Dalam acara ini Wail Bupati juga menyaksikan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan pihak IAKN Tarutung. Perjanjian Kerja Sama ini mencakup Peningkatan Sumber Daya Manusia antara Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen IAKN Tarutung, Pengabdian Kepada Masyarakat Meliputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni antara Dinas Pariwisata Pakpak Bharat dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen IAKN Tarutung, Kerja Sama Pendidikan, Penelitian dan Pengbdian Masyarakat Antara Dinas Pendidikan Kbupaten Pakpak Bharat dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung, Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Mahasiswa Melalui Layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi Antara Dinas pendidikan Pakpak Bharat dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung.
Semoga kerja sama ini dapat membawa manfaat nyata bagi Kabupaten Pakpak Bharat, membantu Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat dalam menggapai Pakpak Bharat Nduma.(Frank)

Berita Lainnya

Index