Perketat Pengawasan terhadap Tahanan, Polres Belawan Cek Kondisi Sel setiap 1 jam

Perketat Pengawasan terhadap Tahanan, Polres Belawan Cek Kondisi Sel setiap 1 jam
Kapolres Belawan AKBP Ikhwan lubis saat melakukan pengecekan Tahanan dalam Sel

BELAWAN,(PAB)----

Guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terhadap Tahanan, Kapolres Belawan intruksikan Pawas maupun Personil lakukan pengecekan Sekali dalam satu Jam.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan lubis memulai mengecek langsung tahanan di RTP. Pengecekan tahanan dilakukan Kapolres dengan santun turut didampingi oleh Kabag Ren dan Personil Provos, bahkan terlihat para tahanan gembira karna baru kali ini Kapolres mau melihat tahanan yang berada di RTP Polres Pelabuhan Belawan.

Ikhwan Lubis mengatakan, pengecekan ruang tahanan sekaligus mengecek kondisi kesehatan para tahanan, menurutnya ruang tahanan Polres Pelabuhan Belawan menampung sebantak 30 orang  yang dibagi dalam 4 ruang sel berukuran besar.


Kondisi ruang tahanan masih dalam keadaan baik. jeruji besi sudah diperkuat dengan penambahan semen penyangga sehingga tidak mudah rusak, begitu juga dengan ventilasi ruangan sel tahanan juga sudah dilakukan penguatan pengamanan 2 lapis dari bagian luar ditambah dengan kawat berduri dan dilengkapi dengan penerangan.

Kegiatan pengecekan ruang sebagai bentuk pengawasan terhadap kegiatan anggota khususnya bagian penjagaan tahanan dan juga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan terhadap para tahanan.

“Kita sudah intruksikan kepada pawas maupun para personil agar melakukan pengecekan tahanan 1 jam sekali dan bagi tamu/keluarga yang hendak membesuk terlebih dahulu diperiksa baik badan maupun bungkusan yang akan diberikan kepada para tahanan,” ungkapnya, kepada Wartawan, Rabu (30/5/18)

Kapolres menuturkan para perwira pengawas atau pawas harus melakukan razia didalam tahanan dengan celanan panjang dan baju juga pangan, handphone, mancis, ikat pinggang, pisau, kain panjang, sikat gigi, minuman keras, dan rokok, dan yang pastinya barang-barang lainnya yang dilarang untuk masuk kedalam ruang tahanan.

Begitu juga cek kesehatan para tahanan bila ada yang sakit agar segera langsung dilakukan penindakan dengan cara membawa tahanan kerumah sakit agar dapat diobati, dan setelah sembuh tahanan dapat kembali lagi kedalam RTP.

“Kita harus tetap waspada dan jangan kecolongan apalagi dihari libur, maka semua penjagaan rumah ibadah, objek vital, penjagaan mako agar terus tetap dijaga agar tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. (Ali)

Berita Lainnya

Index