5 Honorer Dinonaktifkan, Barcode Disdukcapil Kabupaten Deli Serdang Diduga Bobol

5 Honorer Dinonaktifkan, Barcode Disdukcapil Kabupaten Deli Serdang Diduga Bobol

DELISERDANG,(PAB)-----

Barcode sejumlah urusan dokumen di Dinas Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang di duga di bobol oleh pegawai honor, sehingga ribuan dokumen yang di tandai dengan Barcode keluar tanpa sepengetahuan Kepala Dinas.

Anehnya,meski kejadian pembobolan itu sudah di ketahui,Kepala Dinas tidak membuat laporan pengaduan kepada aparat penegak hukum agar pegawai honor tersebut bisa di proses secara hukum.

Lima pegawai yang di duga terlibat dalam pembobolan dan penyalah gunaan barcode Disdukcapil Kabupaten Deli Serdang itu hanya di beri sanksi non aktif dari tugas nya.

Seperti yang di sampaikan Sekjen LSM LIPAN Jonter Jones Sihotang kepada Wartawan ini,Selasa (29/03/2022).

Ada pun terduga pelaku pembobolan yang telah di nonaktifkan yakni inisial P,inisial A,Inisial B dan dua orang lagi sebagai operator komputer inisial S dan inisial K.

Jonter Jones mengaku menyayangkan lemahnya kinerja Dinas Disdukcapil  karena kontrol dukcapil terhadap sistem yang ada di dinas catatan sipil dapat di bobol oleh pekerja honorer dinas tersebut.

 " Hal ini sangat membahayakan  dinas tersebut terkait dengan keamanan data ID," ujar Jonter Jones.

Terkait hal ini Sekretaris Catatan Sipil Kristin Siagian yang di konfirmasi Wartawan meminta agar masalah tersebut tidak di besar besarkan, menurut nya pihak Disdukcapil akan melakukan pemanggilan terhadap honorer yang melakukan pembobolan barcode tersebut.

" Tolonglah jangan di besar- besarkan," ujar Kristin kepada Wartawan ini saat di konfirmasi di ruangannya,Selasa (29/03/2022). 

Menurut keterangan salah seorang pekerja honorer yg bertugas sebagai jaga malam yang bernama inisial P, mengakui tidak mengetahui apa penyebabnya dia tiba-tiba di non aktifkan dari tugas nya sebagai jaga malam di dinas Dukcapil.

" Saya sudah 6 tahun bekerja sebagai penjaga malam di sini bang tiba-tiba saya di rumahkan," ujar nya sedih.


(Ka Ds)

Berita Lainnya

Index