Perayaan Pangguni Uttiram: Harmonisasi Kehidupan bersama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang

Perayaan Pangguni Uttiram: Harmonisasi Kehidupan bersama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang

DELISERDANG,(PAB)------

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang,HM.Ali Yusuf Siregar menghadiri Upacara Perayaan Maha Pooja Pangguni Uttiram Shri Thendayuthabani Koil Tahun 2022 di Jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Lubuk Pakam,Pada Hari Jumat Kemarin Tanggal (18/03/2022) Malam.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Sekretaris PHDI Provinsi Sumatera Utara Akalidas,Ketua PHDI Kabupaten Deli Serdang Siwa Murti,Penyuluh Agama Hindu Kabupaten Deli Serdang Mata Riswan,Ketua Kuil Sri Tendayuda Bani Kuil Siwa Mindra.

Dalam sambutan nya Wakil Bupati menyampaikan pembangunan bidang keagamaan merupakan bagian penting dalam kehidupan umat manusia,Karena nya harus di tingkatkan dan kembangkan dari waktu ke waktu. 

" Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, sangat mengapresiasi perayaan Maha Puja Pangguni Uttiram yang di laksanakan umat Hindu,Karena sudah sepatut nya kita mendorong dan mendukung segala bentuk upaya yang bertujuan untuk kemajuan dan peningkatan pembangunan bidang keagamaan,Yang menjadikan ajaran agama sebagai pondasi untuk mempererat rasa persaudaraan dalam semangat kebersamaan," ujar Wakil Bupati.

Pangguni Uttiram,sebut Wakil Bupati, merupakan perayaan yang di selenggarakan di bulan Pangguni, sekitar Maret atau April pada penanggalan Masehi. 

" Sedangkan,Uttiram bermakna purnama puncak,Upacara keagamaan ini merupakan manisfestasi dari rasa syukur atas segala berkah sekaligus momentum untuk melengkapi keinginan membayar nazar,serta untuk menjaga harmoni antar umat manusia,manusia dengan Tuhan,dan manusia dengan lingkungan," terang Wakil Bupati. 

Filosofi tersebut,imbuh Wakil Bupati, sangat memotivasi untuk menciptakan kedamaian dan kenyamanan dalam kehidupan yang harmonis antar umat manusia,di wujudkan dengan menghargai etika dan moralitas.

Hadir mendampingi Wakil Bupati, Kadis Budporapar H.Khairum Rijal ST MAP,Kasi Analisis dan Penyajian Data DiskominfoStan Ramli Silitonga,Kadis Pemadam dan Penyelamatan Kurnia Boloni Sinaga SSTP.,Camat Lubuk Pakam,Kecamatan Lubuk Pakam Danang Purnama Yuda,SSTP.M.AP, serta unsur muspika kecamatan Lubuk Pakam,Kabupaten Deli Serdang.(Zulkarnain Lubis)

Berita Lainnya

Index