Promosi Dan Potensi Aceh Singkil Menurut Mata Zulkarnain Lubis

Promosi Dan Potensi Aceh Singkil Menurut Mata Zulkarnain Lubis

ACEH SINGKIL,(PAB)---- 

Perjalanan menuju Kabupaten Aceh Singkil dari Kota Medan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Kelok dan liku di lalui untuk sampai ke Kabupaten Aceh Singkil ini yang dijuluki " Negeri Syekh Abdurrauf Assingkili."

Jurang dan tebing terjal menemani sepanjang perjalanan bagi anda yang mengendarai kendaraan roda 4 dan roda 2,dengan hamparan kebun sawit yang berada di sisi kanan dan kiri selama perjalanan ini.

Tiba di Aceh Singkil, Suasana lengang menyambut kedatangan tim Wartawan pab-indonesia.co.id dan juga bersama dari Wartawan Warta Poldasu.com yang langsung di komandoi Pimpinan Redaksi Warta Poldasu dan sekaligus Kabiro Warta Poldasu Daerah Aceh Singkil, Kabupaten yang berbatas langsung dengan laut ini merupakan Negeri segudang potensi dari alam yang belum di olah tangan-tangan handal.

Layak bila Aceh Singkil di kategorikan Kabupaten ini tertinggal dari Kabupaten tetangga yang ada di Provinsi Aceh.

Namun di tangan SDM yang handal,Aceh Singkil di pastikan berubah dan menjadi Kabupaten yang berswadaya terkhusus di bidang kelautan serta menghilangkan stigma negatif tentang Daerah tertinggal yang melekat selama ini.

Dengan membangun sektor kelautan, Aceh Singkil di pastikan akan maju melesat yang mendukung sektor lain nya untuk bergerak dan berkembang,serta dapat turut serta memajukan perekonomian Kabupaten Aceh Singkil ini kedepan nya.

Tak kalah penting,untuk mencapai itu semua, dukungan seluruh komponen masyarakat di butuhkan dalam mempromosikan Kabupaten Aceh Singkil ini keluar Daerah.

Dari sektor kelautan Aceh Singkil mempunyai Wilayah yang terhubung ke Wilayah tetangga seperti Kabupaten Sibolga.

Dengan memanfaatkan dan mengembangkan kawasan Pelabuhan,Aceh Singkil bakal menjadi dermaga transit terdekat menuju Kabupaten Sibolga,Aceh dan Medan.

Satu hal lagi yang perlu di angkat di sini terkai jembatan yang ada di Kecamatan Singkil,Jembatan kilangan yang di gadang-gadang akan menjadi terpanjang di Provinsi Aceh dan akan segera rampung pengerjaan nya.

Jembatan kilangan yang menghubungkan Kecamatan Singkil dengan Kecamatan Kuala Baru, Kabupaten Aceh Singkil,Serta ke buluhsema,Aceh Selatan.

Di sisi jembatan juga terdapat makam ulama besar Aceh yaitu makam Syekh Abdurrauf AS Singkili yang merupakan ulama Kharismatik yang hampir setiap hari di kunjungi peziarah dari berbagai Daerah.

Di rangkum dari berbagai sumber nama Syekh Abdurrauf AS Singkili yang bergelar Syiah Kuala,Di abadikan menjadi salah satu universitas di Provinsi Aceh yaitu universitas Syiah Kuala atau sering di sebut Unsyiah.

Di Aceh,Terdapat dua makam yang masing-masing di yakini sebagai makan Syekh Abdurrauf AS Singkili,Satu berada di Aceh Singkil,Dan yang satu nya lagi di Syiah Kuala,Banda Aceh.

Di Aceh Singkil,Lokasi makam berada di bibir sungai Singkil,Semantara di Syiah Kuala Banda Aceh,Makam Syekh Abdurrauf AS Singkili berada di bibir pantai Gampong Syiah Kuala.

Baik di Aceh Singkil dan maupun di Banda Aceh lokasi makam ini banyak di kunjungi peziarah,Bahkan lokasi makam salah satu ulama besar Aceh ini di jadikan wisata religi dan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Penulis :(Zulkarnain lubis; WARTAWAN PAB INDONESIA.CO.ID)

Berita Lainnya

Index