TNI AL Dan RUSSIAN NAVY Latihan Bersama Angkatan Laut Negara-Negara ASEAN

TNI AL Dan RUSSIAN NAVY Latihan Bersama Angkatan Laut Negara-Negara ASEAN

JAKARTA I PAB I----TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Rusia menggelar latihan bersama dengan negara-negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (Asean), bertajuk Asean Russian Naval Exercise (Arnex) 2021, di Perairan Belawan hingga Sabang yang akan berlangsung sampai dengan 4 desember mendatang.

Latihan Asean Russian Naval Exercise 2021 ini, merupakan yang pertama kali digelar dengan mengambil tema “Joint Actions to Ensure the Safety of Maritime Economic Activity and Civil Navigations” dan dibuka secara langsung oleh Panglima Komando Armada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P. di Aula Yos Sudarso, Mako Lantamal I Belawan, Rabu (01/12/2021).

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I mengatakan bahwa latihan bersama Arnex 2021 merupakan latihan multilateral antara TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut Negara-Negara Asean dan Angkatan Laut Rusia (Russian Navy), yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya, dimana TNI Angkatan Laut sebagai tuan rumah (Host). Latma ini bertujuan untuk memelihara hubungan persahabatan antara Pemerintah Indonesia, Negara Asean dan Rusia.

“Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit Angkatan Laut (Navy) masing-masing negara peserta Latihan. Sedangkan Sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kemitraan, hubungan dan kerja sama antara TNI Angkatan Laut, Negara Asean dan Angkatan Laut Rusia, serta tercapainya latihan operasi maritim terkoordinasi di berbagai bidang dan mewadahi interaksi secara daring (virtual) diberbagai tingkat, dengan tetap berdasarkan profesionalisme khususnya yang berkaitan dengan teknis dan taktis, selama masa pandemi Covid-19.” Lanjutnya

Latihan yang diikuti oleh 10 negara ini, akan melibatkan 8 kapal perang dan 4 pesawat udara yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 1 pesawat udara CN-235 dan 1 Helikopter Panther (Indonesia), RFS Admiral Penteleyev jenis Destroyer dan 1 Helikopter KAMOV (Rusia), RSS Vigour (Singapura), KD Lekiu dan 1 Helikopter Superking (Malaysia), HTMS Kraburi jenis Fregat (Thailand), UMS Kyan Sit That jenis Fregat (Myanmar), LY Thai To (Vietnam) dan KDB Daruttaqwa dari jenis Korvet (Brunei).

Laksda TNI Arsyad Abdullah juga menekankan beberapa hal terkait intruksi latihan antara lain, agar melakukan koordinasi sehingga Latihan yang akan dilaksanakan dapat terselenggara dengan baik serta sesuai dengan Hukum atau Peraturan Nasional dan Internasional yang berlaku.

”Jaga selalu nama baik TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara selama kegiatan latihan berlangsung, dan dalam situasi pandemi ini agar seluruh kegiatan, dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.” Pungkasnya

Latihan ini akan dipimpin oleh Komandan Satgas Arnex 2021 Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmada I, sedangkan KRI I Gusti Ngurah Rai – 332, dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Ludfy.

Dalam pembukaan Arnex 2021 tersebut, turut dihadiri oleh Duta Besar Rusia untuk Asean, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, para Atase Laut negara-negara Asean, Dirkersin Kemhan, dan Komandan Lantamal I Belawan Laksma TNI Achmad Wibisono.

(Dispen Koarmada I)

Berita Lainnya

Index