Koperasi TKBM Upaya Karya Minta Anggota Tempati Rumah Subsidi

Koperasi TKBM Upaya Karya Minta Anggota Tempati Rumah Subsidi

LABUHAN l PAB l---Pengurus Koperasi TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan mengadakan sosialisasi perumahan bagi para buruh TKBM.

Kegiatan tersebut diadakan di aula Bascam Jalan Tangguk, Blok II, Perumahan Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Kamis 25 November 2021.

Dalam pertemuan tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Koperasi TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan Sabam Parulian Manalu, SE, PhD didamping sejumlah pengurus, perwakilan pihak BTN Syariah dan para devloper.

Dihadapan ratusan anggota buruh Koperasi TKBM Upaya Karya, Sabam Parulian Manalu merasa kecewa dan kesal lantaran anggota yang telah mendapat kunci rumah namun tak menempatinya.

"Saya sangat kecewa dengan bapak - bapak sekalian, dari ratusan rumah yang telah serah terima kunci hanya puluhan orang yang menempatinya, " ucapnya.

Sabam mengungkapkan temuan tersebut didapat setelah pihak Bank BTN Syariah turun kelokasi untuk melakukan kroscek.

"Langsung pihak bank yang kroscek kelokasi, kalau ini terus terjadi pihak bank akan menarik subsidi yang ada. Mau gak mau kita harus bayar rumah secara non subsidi " jelas Sabam.

Banyak rumah yang telah siap dan telah dilakukan serah terima kunci tapi tak ditempati, bahkan banyak rumah yang kondisinya semak karena rumput yang tinggi.

"Saya jadi pusing dibuat bapak - bapak sekalian, gak ada rumah minta diadakan sekali ada tak mau ditempati,"cetus Sabam.

Dalam pertemuan tersebut, Sabam Manalu memberikan ultimatum kepada seluruh anggota yang telah menerima kunci harus segera menempati rumahnya.

"Dalam waktu 15 hari kedepan, saya mau yang telah menerima kunci harus menempati rumahnya, kalau tidak akan kita beri tindakan,"tegas Sabam.

Sementara itu, Arif perwakilan dari BTN Syariah dalam penyampaiannya mengatakan, bila buruh yang telah mendapat kunci tapi tidak menempatinya akan dilakukan peninjauan ulang.

"Kalau bapak - bapak tak menampati rumah yang telah siap apalagi meminda tangankan rumah tersebut pihak bank akan menarik subsidinya, jadi bapak akan bayar secara normal," sebutnya.

Arif juga meminta kepada para buruh agar segera mungkin menampati rumahnya agar bisa kita data.

"Kalau rumah yang bapak tempati ada yang tak sesuai dengan perjanjian bapak bisa langsung sampaikan keluhan kepada pihak pengembang atau kepada pengurus Koperasi TKBM biar segera diperbaiki,"ucapnya.

R. Hutagalung buruh TKBM KRK 176 yang tinggal di Sicanang Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan dikonfirmasi wartawan, mengucapkan terimakasih kepada Pengurus TKBM karna sudah mendapatkan rumah TKBM di Perumahan Bintang Menara Perkasa di Desa Lama Hamperan Perak. 

Pengamatan wartawan pertemuan tersebut selain sosialisasi perumahan buruh tetapi juga membagikan buku tabungan bagi para buruh.(surya atm)

Berita Lainnya

Index