Maya Zahir Buka Rakor & Advokasi Penguatan Bunda PAUD Se Kabupaten Batu Bara

Maya Zahir Buka Rakor & Advokasi Penguatan Bunda PAUD Se Kabupaten Batu Bara

BATUBARA, PAB -

Maya Indriasari Zahir secara resmi membuka pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Advokasi peningkatan akses dan penguatan pendampingan untuk Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kabupaten Batu Bara yang berlangsung di rumah dinas Bupati setempat, Selasa (12/10/2021). 

Disebutkan Rapat Koordinasi dan advokasi ini dilaksanakan menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik - Integratif yang bertujuan terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral-emosional dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai kelompok umur. 

Dalam kesempatan itu Maya Zahir selaku Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara menyampaikan bahwa Rakor dan advokasi tersebut digelar untuk menyamakan persepsi tentang peranan Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD se Kabupaten Batu Bara agar dapat bergerak bersama mendorong hadirnya ragam kerangka regulasi penyediaan layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Intregratif (PAUD-HI) dan peningkatan akses 1 tahun pra sekolah.

Selain itu, kata Maya, Rakor ini juga bertujuan meningkatkan akses serta memperkuat pendampingan kepada satuan PAUD agar dapat menyediakan layanan holistik integratif, dan mendampingi satuan PAUD agar dapat menyediakan lingkungan belajar berkualitas. 

Diharapkan Dinas Pendidikan dapat berkoordinasi dengan Dinas PMD dan Pemerintah Desa agar dapat melibatkan Bunda PAUD Desa dan kelompok masyarakat peduli PAUD secara bersama - bersama untuk mendukung pemerintah Desa/Kelurahan dalam merencanakan bentuk program atau pun kegiatan dukungan terkait pembinaan satuan PAUD, pungkas Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara itu.

Dalam Rakor dan Advokasi itu terlihat hadir Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Hj. Erlina Yusuf, Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus, serta menghadirkan nara sumber yang terdiri dari dr. Rudiyanto Tim Teknis Pokja Bunda Paud Pusat dan Ketua PW - HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat, dan dr. Retno Sari Dewi M.Kes, Sp, KKLP Ketua Bidang Kesehatan Pokja Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara.(ans)

Berita Lainnya

Index