Dilantik Pengurus DPD KMDT Sergai Periode 2021-2026

Joni Walker: KMDT Sergai Dukung Potensi Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia

Joni Walker: KMDT Sergai Dukung Potensi Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia

SERDANG BEDAGAI, (PAB) -

Dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), periode 2021-2026, Joni Walker Manik langsung menyampaikan, bahwa Kabupaten Sergai memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, termasuk produk UMKM dan potensi wisata.  

Dalam sambutannya Joni Walker juga menuturkan,
KMDT Sergai siap bersinergi dan mendukung percepatan Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia. Karena, Sergai sebagai salah satu pintu gerbang menuju kawasan Danau Toba

" KMDT Sergai  siap mensinkronkan program- program pengembangan UMKM dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Sergai ke wisata Danau Toba", demikian di katakan Joni Walker Manik, Sabtu (25/9/2021) di Wisata pantai Woong Rame, Kecamatan Pantai Cermin Sergai.

Menambahkan, Ketua Dewan Pakar KMDT Sergai, Ir H Soekirman menyatakan pada dasarnya, wilayah Kabupaten Sergai berada di bawah Danau Toba, Jadi, kalau tidak ada air Danau Toba, sungai-sungai di Sergai tidak akan ada airnya.

Ir Soekirman juga menyebutkan 4 hal penting pendukung pengembangan pariwisata yakni, transportasi, akomodasi, konsumsi dan atraksi, termasuk di dalamnya kuliner dan souvenir.

"Jadi, dengan terbentuknya KMDT Sergai ini, kedepannya kita akan berupaya bagaimana supaya para pelaku UMKM di Sergai dapat mengenalkan atau menjual produk UMKM nya di kawasan Danau Toba", tegas Soekirman.

Selanjutnya, mengikuti acara pelantikan tersebut, Ketua DPRD Sergai, dr M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE MKs. melalui virtual menyatakan lembaga DPRD menyambut baik terbentuknya KMDT Sergai. Dia berharap, KMDT dapat melahirkan program nyata membantu pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

dr Riski Ramadhan Hasibuan menyebutkan, dengan  terbentuknya KMDT Sergai menjadi semangat dan motivasi baru dalam pengembangan UMKM dan memperkenalkan potensi wisata yang ada di Sergai, dengan mensinergikan dengan program percepatan wisata Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia.

"Lembaga DPRD mendukung penuh dan siap bersinergi dengan KMDT Sergai dalam membantu permasalahan masyarakat, terutama dalam pengembangan UMKM dan pariwisata", ujarnya menutup.

Sementaranya itu sebelumnya.
Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Eny M Pasaribu telah melantik  mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Joni Walker sebagai Dewan Pengurus Daerah (DPD) KMDT Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) periode 2021-2026, di Aula Objek Wisata Woong Rame, Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Sabtu (25/9/2021

Pelantikan yang diawali pembacaan surat keputusan (SK) susunan pengurus DPD KMDT Sergai oleh Sekretaris DPW, Debbie Riauni Panjaitan, dilanjutkan pengucapan janji dipimpin Ketua DPW serta penyerahan Pataka untuk dikibarkan di Kabupaten Sergai kepada Ketua DPD KMDT Sergai, Joni Walker Manik.

Kemudian, Ketua DPW KMDT Provinsi Sumut, Eny M Pasaribu menerangkan, KMDT adalah organisasi bersifat sosial yang terbuka, independen, sukarela, mandiri dan demokratis, yang sudah berbadan hukum.dan disahkan Menteri Hukum dan HAM. KMDT memiliki visi misi sesuai AD/ART yakni menyejahterakan masyarakat dan SDM unggul. 

Dijelaskannya,tujuan dibentuknya KMDT Sergai adalah bersinergi dalam mewujudkan maksud dan tujuan sesuai AD/ART KMDT yaitu dalam bidang sosial, berperan aktif dalam pembangunan pariwisata, budaya dan lingkungan Danau Toba. Menampung aspirasi masyarakat dan percepatan wisata Danau Toba. Juga berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat di kawasan Danau Toba.

Kepada segenap pengurus KMDT Sergai, Eny berpesan agar berfilosofi lah dalam berorganisasi dan bukan berpolitik. Tidak perlu berpolitik di dalam organisasi dan menyilahkan keluar dari organisasi jika ingin berpolitik. Sehingga stabilitas organisasi, baik internal maupun hierarkinya akan terjaga dengan baik.

"Saya ucapkan selamat kepada pengurus DPD KMDT sergai yang baru dilantik dan diharapkan ke depan, dapat bekerja sama dengan baik dan saling bersinergi", ujarnya.

Dalam acara itu, Ketua Umum DPP KMDT, St Edison Manurung yang mengikuti acara pelantikan secara virtual dari Provinsi Papua mengharapkan pengurus KMDT Sergai yang baru dilantik segera menyusun program nyata untuk membantu masyarakat, khususnya dalam pengembangan SDM unggul, memajukan UMKM dan pariwisata.


"Jangan seperti organisasi lain, habis dilantik tidak ada program. KMDT Sergai harus bergerak cepat menyusun program nyata untuk membantu masyarakat", tegasnya.

Adapaun pengurus DPD KMDT Sergai yang dilantik antara lain, Ketua Drs Joni Walker Manik MM, Sekretaris St Sahala Siburian dan Bendahara Lhairul Prihandoyo SHI serta pengurus bidang.

Dewan Penasehat terdiri dari, Ketua Kol TNI Dra Usni MM dengan anggota dr M Riski Ramadhan Hasibuan, Defriaty Tamba, Pdt Uba  M Panggabean STh dan Dimas Triadji. 

Dan Dewan Pakar terdiri dari, Ketua Ir H Soekirman dengan anggota Dr Purwadi, Hotman Hutajulu SH, Drs Wasner Sianturi, Faisal Riza MA, Wanretno SH MSP dan Meida Rabia Sihite SPd MHum. 

Turut hadir, Ketua Dewan Pakar DPP KMDT, Prof Binari Manurung, Bendahara DPW KMDT Sumut Vera Manullang bersama Ketua Bidang Organisasi, serta diikuti secara virtual oleh pengurus KMDT provinsi dan kabupaten/kota yang telah terbentuk. (BS-12)

Berita Lainnya

Index