Wakikota Buka Porwil Ub 2018 di Medan Marelan

Wakikota Buka Porwil Ub 2018 di Medan Marelan

 

MEDAN,(PAB)----

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke-IV tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Jalan Kapten Rahmad Budin Pasar V, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (28/4). Diharapakannya, Porwil menjadi lambangf supremasi di bidang olahraga sehingg dapat mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Atlet seperti yang telah dicanangkannya beberapa waktu lalu.

Porwil ini diikuti 1826 atlert dari 21 kecamatan se-Kota Medan. Para peserta selanjutnya dibagi menjadi 4 wilayah dan mengikuti event olahraga selama sepekan. Seluruh pemenang dari event ini selanjutnya akan dijadikan sebagai atlet pelapis ketiga Kota Medan. Di samping itu mereka juga akan dipersiapkan untuk mengikuti PON 2924 dimana Sumut dan Nanggoe Aceh Darusalam menjadi tuan rumah bersama.

Sebelum pembukaan dilakukan, lebih dahulu seluruh wasit yang akan memimpin pertandingan membacakan Janji Wasit. Pembacaan Janji Wasit ini sebagai bentuk komitmen para wasit untuk memimpin sleuruh pertandingan dengan seadil-adil dan sejujurnya, serta menjunjung tinggi nilai sportifitas.

Dihadapan anggota DPRD Medan T Bahrum Syah dan Suryanto, AKBP Drs Zulfikar mewakili Kapolrestabes Medan, Mayor Inf Amrizal Nasution mewakili Dandim 0201/BS, Wakil Ketua Umum KONI Sumut Prof DR Agung Sunarno, Ketia KONI Medan Edi H Sibarani, Ketua Dayung Kota Medan Letkol Marinir Ismail Rambe sert pimpinan OPD dan camat se-Kota Medan, Wali Kota sangat mengapresiasi digelarnya Porwil tersebut.

Wali Kota menilai, Porwil merupakan wadah untuk menghasilkan atlet-atlet muda berprestasi. Oleh karenanya Wali Kota menegaskan kepada para camat dan pengurus KONI Kecamatan agar atlet yang berlaga di Porwil benar-benar murni perwakilan dari masing-masing kecamatan, bukan diambil dari daerah lain maupun atlet pinjaman ataupun bayaran.

“Ingat, Porwil ini kita gelar dalam rangka melakukan pembinaan terhadap atlet di sleuruh kecamatan. Mellaui Porwil ini nanti kita harapkan lahir atlet-atlet muda berprestasi. Jadi yang bertanding di Porwil ini harus berasal dari kecamatan asli tempat tinggal sang atlet. Saya tidak mau ada atlet pinjaman, apalagi bayaran!” tegasnya.

Dingatkan Wali Kota, Porwil yang digelar ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Medan sebagi Kota Atlet. "Di samping itu kita juga ingin mengembalikan kejayaan Kota Medan sebagai gudangnya atlet berprestasi di Indonesia. Untuk itu saya minta kepada camat dan KONI Kecamatan untu terus melakukan pembinaan olahraga, " tegasnya.

Usai membuka Porwil ke-4, Wali Kota selanjutnya menarik kupon doorprize dengan hadiah utama satu unit kulkas. Hadiah itu diraih salah seorang warga dari Kecamatan Medan Sunggal dan diserahkan langsung Wali Kota.

Sebelumnya Ketua KONI Kota Medan Edi Sibarani menjelaskan, Porwil ke-IV mempertandingkan 15 cabang olahraga. Kegiatan digelar untuk mempersiapkan atlet lapis ketiga. Sedangkan lapis kedua saat ini sedang berlaga di Porwil Sumut, sedangkan atlet lapis satu sedang mempersiapkan diri menghadapi Asian Games 2018.

“Atlet pelapis ketiga inilah yang akan kita persiapkan untuk tampil di PON 2024. Kebetulan Sumut bersama NAD menjadi tuan rumah. Kita harapkan mereka mampu mempersembahkan mendali,” harap Edi.

Pembukaan Porwil IV berlangsung meriah, selain diisi dengan defile atlet, juga dirangkaikan dengan hiburan. Porwil sendiri akan berakhir pada 5 Mei mendatang. Acara penutupan akan digelar di Lapangan Carefour Jalan Jamin Ginting Medan. (Rosen/H)

Berita Lainnya

Index