Komandan Upacara Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi

Presiden Jokowi Pimpin Peringatan HUT RI ke-76 di Istana

Presiden Jokowi Pimpin Peringatan HUT RI ke-76 di Istana

JAKARTA, (PAB)--

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021) pagi.

Kepala Negara yang tampak mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Presiden juga didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin yang tampak mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat.

Tujuh belas dentuman meriam disertai bunyi sirine selama satu menit menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani membacakan naskah proklamasi yang pada 76 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang tergabung dalam Tim Tangguh kemudian melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara kali ini. Sang Merah Putih pun tampak gagah berkibar di halaman Istana Merdeka usai putra-putri bangsa ini menjalankan tugasnya.

Seusai pengibaran bendera Merah Putih, terdapat atraksi flypass pesawat terbang TNI Angkatan Udara. Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dengan formasi Arrow Head melintas di langit di atas Istana Merdeka pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan persembahan lagu “Syukur” dan “Maju Tak Gentar” yang dibawakan oleh Gita Bahana Nusantara secara virtual, diikuti dengan atraksi enam helikopter TNI Angkatan Udara yang membawa bendera Merah Putih raksasa berukuran 20×30 meter.

Menutup prosesi upacara, Komandan Upacara Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia telah selesai dilakukan.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI kali ini mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Prosesi Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kali kedua yang diselenggarakan di tengah pandemi ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain mengenakan masker dan menjaga jarak, para peserta atau perangkat upacara terbatas juga terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Selain peserta yang hadir secara terbatas di Istana Merdeka, upacara juga antara lain diikuti oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terdahulu, para pimpinan lembaga tinggi negara, para Duta Besar perwakilan negara sahabat, serta para tamu undangan lainnya yang hadir melalui konferensi video. Prosesi upacara ini juga dapat diikuti secara virtual oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui platform Rumah Digital Indonesia.

(Setkab RI)

Berita Lainnya

Index